Pemda Ende Kucurkan Dana Rp 30 Miliar Untuk Bayar THR ASN

Pemda Ende mengucurkan dana dari APBD Kabupaten Ende Tahun Anggaran (TA) 2018 sebesar Rp 30 Miliar untuk membayar tunjangan hari raya (THR)

Pemda Ende Kucurkan Dana Rp 30 Miliar Untuk Bayar THR ASN
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kaban Keuangan,Mauritz F Bunga

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Romoaldus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Pemda Ende mengucurkan dana dari APBD Kabupaten Ende Tahun Anggaran (TA) 2018 sebesar Rp 30 Miliar untuk membayar tunjangan hari raya (THR) bagi ASN di Lingkup Pemkab Ende.

Kepala Badan Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ende, Mauritz Firtz Bunga mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Selasa (5/6/2018) ketika dikonfirmasi mengenai  besaran dana yang disiapkan oleh Pemda Ende untuk membayar THR bagi ASN di Lingkup Pemkab Ende.

Mauritz mengatakan bahwa THR kali ini agak berbeda dengan pemberian THR pada waktu-waktu sebelumnya yang hanya membayar sesuai dengan gaji pokok sedangkan kali ini selain gaji pokok juga diikuti dengan tunjangan lainnya.

Mauritz mengatakan bahwa pelaksanaan pembayaran THR akan segera dilakukan minimal satu minggu menjelang pelaksanaan lebaran sehingga bisa dipergunakan oleh ASN untuk menyambut Lebaran.

Dikatakan bahwa pada prinsipnya pembayaran THR bisa segera dilakukan karena aturan sebagai dasar hukum untuk pembayaran THR sudah dikeluarkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) RI sehingga dengan demikian pihaknya siap untuk membayar THR bagi ASN di Lingkup Pemkab Ende.

Sedangkan mengenai kemungkinan THR bagi tenaga honor yang ada di Lingkup Pemkab Ende, Mauritz mengatakan bahwa pihaknya memang sempat mendengar adanya wacana untuk pembayaran THR bagi tenaga honorer namun demikian sejauh ini masih sekedar wacana belum ada aturan hukum secara secara resmi sebagai dasar hukum untuk pembayaran  THR bagi tenaga honorer.

Mauritz mengatakan bahwa saat ini yang ada baru aturan hukum untuk pembayaran THR bagi ASN sedangkan untuk honorer belum ada sehingga dengan demikian pihaknya belum bisa membayar THR bagi tenaga honorer.

Mauritz mengatakan bahwa sesuai dengan regulasi yang ada pelaksanaan pembayaran THR diberikan hanya kepada yang berhak dan sesuai dengan aturan yang berlaku yakni terbatas untuk ASN bukan untuk tenaga honorer.

Sementara itu pembayaran THR bagi ASN di lingkup Pemkab Ende disambut gembira oleh ASN di Lingkup Pemkab Ende sebagaimana yang dikemukan oleh ASN yang bekerja di Sekwan DPRD Kabupaten Ende, Vivi yang mengatakan bahwa dengan adanya  THR setidaknya meringankan biaya bagi anaknya yang akan masuk ke SMP.

“Iya bantu-bantu biaya anak yang akan masuk sekolah ke SMP. Terima kasih pemerintah memberikan kami THR,”ujarnya. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help