KPU TTS Uji Coba Perhitungan Suara Dengan Sistem Informasi Perhitungan Suara

Dalam melakukan perhitungan suara pada Pilkada TTS mendatang, KPU Kabupaten TTS akan menggunakan aplikasi sistem informasi perhitungan suara.

KPU TTS Uji Coba Perhitungan Suara Dengan Sistem Informasi Perhitungan Suara
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Suasana uji coba perhitungan suara dengan menggunakan sistem informasi perhitungan suara di kantor KPU Kabupaten TTS, Selasa (29/5/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Dalam melakukan perhitungan suara pada Pilkada TTS mendatang, KPU Kabupaten TTS akan menggunakan aplikasi sistem informasi perhitungan suara.

Dengan menggunakan sistem ini, masyarakat luas bisa memantau perkembangan suara di situs info pemilu.kpu.go.id.

Hal ini diungkapkan Santi Soinbala, Kepala Divvisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada Serentak, KPU Kabupaten TTS kepada POS- KUPANG.COM, Selasa ( (29/5/2018) di ruang kerjanya.

Baca: Ini Pesan Wakil Wali Kota Kupang Kepada 16 Pasutri yang Baru Mengikuti Nikah Massal

Santi mengatakan, dalam melakukan perhitungan suara, KPU Kabupaten TTS cukup mengentri dan memindai formulir C dan C1 dari TPS dan selanjutnya sistem yang akan bekerja.

Untuk satu TPS, hanya dibutuhkan waktu paling lambat 5 menit untuk melakukan perhitungan suara dengan menggunakan sistem tersebut.

"Kita cukup mengentri data pada formulir C dan C1 setelah itu dipindai dengan menggunakan alat scanner. Dengan sendirinya data akan terakumulasi dan diup load ke sistem informasi perhitungan suara. Setalah diup load, seluruh masyarakat bisa ikut memantau perkembangan proses perhitungan suara dengan mengakses situs info pemilu.kpu.go.id," ungkap Santi.

Ketika disinggung terkait hasil ujicoba sendiri, Santi mengaku rendahnya kapasitas internet yang tersedia membuat kecepatan dalam mengakses sistem tersebut menjadi lambat.

Saat ini, kapasitas internet di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTS hanya 3 MBPS. Oleh sebab itu, ia berharap kapasitas internet di kantor KPU bisa ditingkat sehingga menunjang proses perhitungan suara menggunakan sistem informasi perhitungan suara.

"Sistem ini sangat bagus, karena sangat cepat dan masyarakat bisa ikut memantau perkembangan proses perhitungan suara sehingga memperkecil peluang terjadinya kecurangan dalam proses perhitungan suara," sebutnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved