Bahaya! 13 SD di Kabupaten Ende Ini Tidak Selenggarakan Ujian Nasional

Sebanyak 13 Sekolah Dasar di Kabupaten Ende tidak menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) karena tidak memiliki siswa kelas 6.

Bahaya! 13 SD di Kabupaten Ende Ini Tidak Selenggarakan Ujian Nasional
PK/ROM
Petrus G No 

Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM, ENDE - 13 Sekolah Dasar di Kabupaten Ende tidak menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) karena tidak memiliki siswa kelas 6.

Dengan demikian dari 344 sekolah dasar yang ada di Kabupaten Ende tercatat 331 yang menyelenggarakan UN sedangkan 13 lainnya tidak menyelenggarakan UN.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Petrus G No mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Jumat (6/4/2018) ketika dikonfirmasi mengenai pelaksanaan UN bagi SD di Kabupaten Ende.

Petrus mengatakan untuk UN di tahun 2018 tercatat ada 6.026 siswa dari 331 SD yang mengikuti UN sedangkan 13 sekolah lainnya terpaksa tidak mengikuti UN karena ketiadaan siswa kelas 6.

Terhadap kondisi demikian ujar Petrus pihaknya tetap menyelenggarakan UN sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat sedangkan bagi 13 sekolah yang pada tahun 2018 tidak menyelenggarakan UN baru pada tahun 2019 bisa menyelenggarakan UN karena telah memiliki siswa kelas 6 yang saat ini mereka masih duduk di kelas 5 SD.

Terkait dengan ketiadaan siswa kelas 6 Petrus mengatakan bahwa hal itu memang suatu fenomena di dunia pendidikan di Kabupaten Ende karena memang kenyataannya tidak ada siswa kelas 6.

“Pada daerah tertentu terkadang ada semangat membuka sekolah namun demikian seiring dengan perjalanan waktu siswanya berkurang karena memang manusia juga berkurang sehubungan dengan keberhasilan progam pemeritah di bidang KB,”kata Petrus.

Terhadap fenomena tersebut pihaknya akan terus memantu perkembangan di setiap sekolah di daerah dan apabila terus berlangsung dalam waktu yang relative lama maka akan dipertimbangkan untuk ditutup serta dijadikan dengan sekolah lain yang jaraknya berdekatan. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help