VIDEO

VIDEO: Babinsa di Amanuban Selatan TTS Dampingi Petani Tanam Padi

Babinsa di wilayah Amanuban Selatan mendampingi para petani melakukan memanam padi pada lahan seluas 120 ha.

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM, SOE – Babinsa di wilayah Amanuban Selatan mendampingi para petani melakukan memanam padi pada lahan seluas 120 ha. Harapannya, bisa tercipta swasembada pangan di wilayah dimaksud.

Dandim 1921 Soe, Letkol (inf) Erwin, S.Ip mengatakan, kegiatan pendapingan petani ini sudah mulai dilakuan sejak tahun 2016 lalu. Hal ini dilakukan karena adanya kerjasama antara kementerian pertanian dan TNI-AD sejak tahun 2014.

“Dengan kerjasama itu Komandan TNI AD memerintahkan kepada para babinsa yang ada di sejumlah wilayah untuk melaksanakan pendampingan pada para petani. Harapannya kita bisa menuju ke swasembada pangan,” kata Erwin.

Dan untuk di Kabupaten TTS, pendapingan ini mulai dilakukan sejak tahun 2016 lalu di wilayah Amanuban Selatan. Dimana tahun 2016 lalu telah dilakukan pencetakan sawah seluas 100 ha. Kegiatan itu dilakukan di desa Polu dan Bena’a.

“Namun padi yang baru kita tatam hanya pada 28 ha dikarenakan terhambat oleh ketersediaan air,” kata Erwin.

Untuk tahun 2017, demikian Erwin, akan dilaksanakan pencetakan sawah pada lahan seluas 20 ha di wilayah Amanuban Selatan.

“Hasilnya nanti kita ada kerjasama dengan para petani dan bulog. Nanti selesai panen akan dijual ke bulog, dan per kepala petani dijatah 10 kg dengan harga bulog sebesar Rp 7.800/kg,” kata Erwin.

Padi itu ditanam oleh petani dan didampingi oleh babinsa. “Harapan saya agar para petani lebih giat dalam pelaksanaan pekerjaannya dan tidak perlu diperintahkan oleh babinsa untuk mengelola lahan pertaniannya. Tapi harus dengan kesadaran masing-masing untuk mengolah lahan pertanian,” kata Erwin. (*)

https://youtu.be/ntaLtGaC5sI

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help