VIDEO

VIDEO: Mau Urus Surat di Kelurahan Naikoten 2 Kupang Langsung Klik ke Service Box

Masyarakat Kelurahan Naikoten 2 Kupang yang ingin mengurus surat keterangan diluar jam kantor, bisa menggunakan mesin service box di Hotel Cahaya Bapa

Laporan wartawan Pos-Kupang.com, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Masyarakat Kelurahan Naikoten 2 Kupang yang ingin mengurus surat-surat keterangan administrasi diluar jam kantor, bisa menggunakan ke mesin service box (SB) yang ada di Hotel Cahaya Bapa Kupang.

Begitu klik di item surat yang diperlukan pada mesin itu, maka surat langsung keluar dari mesin dan bisa digunakan setelah ditandatangani oleh RT dan lurah.

Pelayanan serce Box dimaksud sudah berlangsung sejak Maret 2017. Bahkan sebelumnya pada tahun 2013 masyarakat juga sudah 'dimanjakan' dengan sistem SMS gateway (SMS-G) untuk mendapatkan informasi mengenai syarat pengurusan 16 jenis surat.

Di Kantor Kelurahan Naikoten 2 yang memiliki gedung dua lantai ini tidak ada lagi tumpukan map dan kertas di meja pegawai sebab masyarakat sudah dilayani dengan sistem digital dna online.

Bahkan desain interior dan eksterior di kantor itu sangat  'kekinian' sehingga masyarakat yang kesana akan merasa nyaman dan seringkali mengabadikan dengan berfoto disana. Ruang tunggu kantor itu ada layar komputer yang bisa diakses masyarakat untuk melihat profil kelurahan.

Piala dan berbagai penghargaan yang didapat oleh kelurahan itu juga dipajang rapi dan apik di dinding yang dimodifikasi dengan kayu jati itu. Meja dan kursi pun dibuat 'masa kini' ala kafe.

Sejumlah warga dan mahasiswa yang ditemui di kantor lurah itu diantaranya, Ani Nalle, Kristian Molak, Yuliani, Susan Blegur, Yahyah dan Ladjar mengatakan, sistem SMS-G dan SB sangat membantu masyarakat dalam pengurusan surat keterangan yang dibutuhkan.

"Biasanya masuk ke kantor lurah lain ada banyak tumpukan kertas  tapi  di kantor Lurah Naikoten 2 itu beda.  Tidak ada tumpukan kertas sama seklai tapi pelayanannya memadai karena menggunakan service box," kata Susan.

Padahal, demikian Kristian, di kelurahan lainnya masih menggunakan mesin ketik, dan banyak file dan map sedangkan kantor lurah naikoten 2 sudah gunakan sistem digital.

"Sarannya kelurahan lain contohlah sistem di Kelurahan Naikoten 2, mesti tidak sama persis agar pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal," kata Kristian. (*)

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved