Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: Rendang Daging Sapi  NTT, Ini  Perbedaan Kelezatannya Bro 

Penulis: Ferry Ndoen
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

RENDANG- Rendang daging sapi Timor (piring kanan) lecker bro, selamat menikmati berkat Tuhan, GBU

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM - Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur atau Provinsi NTT terkenal sebagai daerah atau wilayah gudang ternak khususnya ternak sapi.

Tapi sangat riskan dan sedih. Mengapa? Hal ini dikarenakan NTT yang terkenal sebagai daerah ternak sapi tapi masyarakatnya jarang bahkan tidak pernah makan daging sapi.

Mengapa masyarakat NTT tidak pernah makan daging sapi apalagi rendang sapi Kuliner Khas NTT? Jawabannya karena daging sapi harganya sangat mahal untuk kantong orang NTT atau untuk katong masyarakat NTT.

Jadi kalau mau makan daging sapi, masyarakat NTT lebih banyak cuma berkhayal karena saat ini harga daging sapi 1 kg di Kupang Rp 120 ribu/Kg bahkan sudah Rp 130 Ribu/kg.

Jadi pertanyaannya bagaimana mau makan rendang daging sapi khas Kuliner Khas NTT ? ini semua ada kaitannya karena hampir sebagian besar kepala keluarga (KK) masyarakat NTT yang profesinya sebagai PNS atau ASN Surat Keputusan (SK) sebagai PNS ada di Gadai di Bank atau digadai di koperasi kredit atau memang tergadai di kantor pegadaian.

Jadi setiap kali habis bulan, kebanyakan cuma makan dengan jari telunjuk atau istilahnya makan tunjuk-tunjuk.

Ya..... kalau sonde tunjuk garamdengan lombok atau tunjul sambal, ya.. cuma makan nasi putih dengan tunjuk kecap asin ato kecap manis sebagai teman makan sehari hari.

Inilah NTT yang sering dikatakan dengan Nasib Tidak Tentu (NTT) atau Nanti Tuhan Tolong (NTT). Ini semua bahasa penghiburan seperti penguatan dalam kitab suci.

Jadi yang bisa makan daging rendang sapi Kuliner Khas NTT daging rendang sapi khas NTT cuma orang berduit ato pengusaha, atau momentum saat ini ASN dan PNS bisa makan karena pemerintah sedang cairkan Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai atau TPP.

TPP ASN di Kabupaten Kupang dari Rp 950 ribu/bulan naik menjadi Rp 1.350.000/bulan. Ini sebagai contoh. Tentu TPP untuk pegawe provinsi dan kota atau kabupaten lainnya nilainya lain dan bervariasi.

Dengan adanya TPP ini semoga PNS sonde lai mengeluh dan bisa ada suplai tambahan darah segar dari nilai gizi karena sudah bisa beli daging sapi untuk masak masakan khas Kuliner khas NTT daging rendang sapi. 

Jadi sonde makan dengan jari telunjuk lagi atau cuma deta garam deng lombok atau deta deng kecap di meja makan saja.

Nah ini beta kasih tahu resep cara membuat daging rendang sapi khas NTT Ternyata yang bikin lecker dan enak cuma dagingnya adalah daging sapi NTT atau sapi Timor  yang masih dipelihara secara liar di padang dan makan rumput ilalang asli di padang pengembalaan.  Jadi biar sapinya kecil tapi dagingnya gurih. Bukan sapi potong tapi sapi padang.

Halaman
12

Berita Terkini