NTT Memilih

KPU Kota Kupang dan Bank Mandiri Kupang Kolaborasi Permudah Transaksi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang bersama Bank Mandiri Cabang Kupang berkolaborasi untuk mempermudah pelayanan transaksi kepada nasabah.

Editor: Oby Lewanmeru
POS-KUPANG.COM/HO
PELAYANAN - Mandiri mobil di kantor KPU Kota Kupang atau mobil layanan ATM untuk mendukung kelancaran transaksi di KPU. Gaambar diambil Jumat 17 Maret 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang bersama Bank Mandiri Cabang Kupang berkolaborasi untuk mempermudah pelayanan transaksi kepada nasabah.

Pendekatan pelayanan itu, terkhusus bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Kupang. 

Dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KPU dan Bank Mandiri, kedua lembaga ini sepakat untuk memberi kemudahan transaksi dan kepengurusan administrasi bagi PPK, PPS dan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Menindaklanjuti PKS tersebut, KPU Kota Kupang berkoordinasi dengan Bank Mandiri, membuka pelayanan ATM keliling. Pembukaan sudah dimulai sejak tanggal 17 Maret 2023 lalu. 

Baca juga: KPU Kota Kupang Terjunkan 1.302 Pantarlih untuk Data Pemilih 

Kepala Cabang Bank Mandiri Kupang M. Hatta, Marylyn Haning mengatakan, ATM keliling ini untuk melayani PPK dan PPS juga untuk Pantarlih, untuk melakukan transaksi pembayaran honorarium. 

Menurut Marylyn, untuk honor PPK dan PPS sudah dibayarkan melalui Bank Mandiri, jadi untuk mempermudah mereka melakukan transaksi, maka dilayani menggunakan ATM keliling, agar mereka tidak kesulitan mencari ATM. 

"Apa lagi jumlah mereka banyak sekitar 1.700 lebih orang, tujuannya agar mereka tidak mengantri dan bisa melakukan transaksi dengan cepat dan aman," ujarnya. 

Baca juga: Pemilu 2024, KPU Kota Kupang Gabungkan Kecamatan Kota Raja dan Kota Lama Jadi Satu Dapil

Dia mengatakan, selain melakukan transaksi, mereka juga melakukan aktivasi Livin By Mandiri. Dengan Livin By Mandiri, masyarakat semakin dipermudah dalam bertransaksi. 

Ia menyebut, transaksi menggunakan Livin By Mandiri bisa dilakukan dari rumah. Begitu juga dengan nasabah yang lupa membawa kartu ATM. Hanya dengan handphone, transaksi tarik tunai bisa dilakukan.  

Dengan Livin By Mandiri, kata Marylyn, bisa juga untuk melakukan pembayaran tagihan, pulsa, isi token listrik, dan semua transaksi lainnya. 

"Jadi PPK dan PPS serta Pantarlih, sebanyak 1.700 lebih itu, kami bantu dengan menempatkan petugas untuk membantu aktivasi Livin By Mandiri," tandasnya.

Bank Mandiri sangat mendukung kebijakan dari KPU untuk proses pembayaran honor yang sebelumnya berupa pembayaran tunai beralih ke sistem cashless. 

"Saat ini sedang berjalan proses pembukaan rekening bagi seluruh anggota PPK, PPS, sekretariat, dan pantarlih. Adapun benefit yang didapatkan dari pembukaan rekening ini selain mendapatkan kartu ATM, juga dilengkapi dengan super apps dari Bank Mandiri yaitu Livin by Mandiri," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved