Berita Manggarai

Kodim 1612 Manggarai Penuhi Kebutuhan Air Masyarakat Desa Ndehes Melalui Pompa Hidram

pemilihan Desa Ndehes sebagai titik program pemenuhan kebutuhan air melalui pompa hidram, setelah melewati rangkaian survei yang telah dilakukan

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/CHARLES ABAR
PERESMIAN - Dandim 1612 Manggarai Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E., Bupati Manggarai Herybertus GL.Nabit dan Kapolres Manggarai AKBP Yoce Marten bersama warga setempat di lokasi penampungan air pompa hidram di Desa Ndehes, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai pada Sabtu 25 Februari 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Charles Abar

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Komando Distrik Militer / Kodim 1612 Manggarai meresmikan pompa hidram untuk pemenuhan kebutuhan pengairan persawahan masyarakat Desa Ndehes, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai pada Sabtu 25 Februari 2023.

Peresmian ini dihadiri oleh Dandim 1612 Manggarai Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E.; Kapolres Manggarai AKBP Yoce Marten, Bupati Manggarai Hery Nabit, pimpinan OPD dan masyarakat setempat.

Dandim 1612 Manggarai Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E. pada kesempatan itu menyampaikan, pemilihan Desa Ndehes sebagai titik program pemenuhan kebutuhan air melalui pompa hidram, setelah melewati rangkaian survei yang dilakukan oleh pihaknya.

Baca juga: Tokoh Adat Desa Lungar Kabupaten Manggarai Dukung Transisi Energi Pembangunan PLTP Ulumbu

Desa Ndehes merupakan salah satu titik di Manggarai yang memenuhi syarat. Selain kelangkaan air untuk pengairan persawahan, Desa Ndehes juga memiliki sungai dengan debit air tinggi.

"Tidak semua titik bisa kita lakukan, ternyata pada musim kemarau di titik itu tidak ada (airnya) sehingga kita cari yang memang debit air itu ada di musim kemarau," ungkap Letkol Arh Drian

Karena itu, operasi pompa hidram sangat berpengaruh pada debit air yang diproleh. Adapun yang memenuhi syarat dengan debit air 45 derajat hingga 65 derajat.

"Pompa hidram ini tidak mengandalkan listrik, ini hanya mengandalkan vibrasi tentu dengan tekanan air yang tinggi," katanya 

Kampung Ndehes kata Letkol Arh Drian, merupakan salah satu Desa yang membutukan suport air yang memadai baik untuk pengairan sawah maupun untuk budidaya hortikultura.

"Kampung ini memang sangat membutuhkan air, untuk kebutuhan air di musim kemarau, sangat membutuhkan suport dari pompa hidram," imbuhnya.

Baca juga: Tanah Longsor di Nggori Manggarai, Rumah Ferdinandus Terancam Ambruk

Hingga kini dijelaskan, program pemenuhan kebutuhan air minum bersih maupun untuk kebutuhan pengairan bagi masyarakat  oleh Kodim 1612 Manggarai sudah berhasil dibangun pada tiga titik.

Ada dua jenis pompa hidran yang dibangun antara lain EPC yang berada di Satar Mese dan Rahong Utara. Sementara untuk pertanian baru satu yang dibangun oleh program ini yaitu di desa Ndehes.

"Saat ini pompa yang kami bangun sejak tahun 2020 sudah bisa di manfaatkan oleh masyarakat," tutupnya 

Pada  kesempatan itu juga, Bupati Manggarai Hery Nabit menyampaikan, pembangunan pompa hidram di wilayah Manggarai merupakan wujud perhatian dari TNI untuk mengatasi kelangkaan air di Manggarai.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved