Tips Sehat

Kenali Gejala Penyakit Lupus atau Autoimun Kronis, Ruam Wajah Hingga Hilang Ingatan

Gejala utama pada lupus adalah ruam wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu atau disebut dengan Buterfly Rash.

Editor: maria anitoda
Women Health Zone
Ruam kemerahan di pipi merupakan tanda yang cukup khas pada penderita lupus- Penyakit lupus atau lupus eritematosus adalah penyakit autoimun kronis yang bisa menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, ginjal, hingga otak. 

POS-KUPANG.COM- Penyakit lupus atau lupus eritematosus adalah penyakit autoimun kronis yang bisa menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, ginjal, hingga otak.

Pengertian lain dari lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah penyakit autoimun kronis yang belum jelas penyebabnya, menyerang multisistem dengan spektrum manifestasi yang luas dan mempengaruhi setiap organ atau sistem di dalam tubuh (Isbagio dkk, 2009; Jakes dkk, 2012).

Lupus dapat dialami oleh siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh wanita.

Ada beberapa faktor resiko lupus ini antara lain

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Anemia, Mudah Lelah Hingga Kaki Tangan Terasa Dingin

  • Faktor genetik : diketahui bahwa sekitar 7 persen pasien LES memiliki keluarga dekat (orang tua atau saudara kandung) yang juga didiagnosis LES.
  • Faktor lingkungan : infeksi, stres, makanan, antibiotik (khususnya kelompok sulfa dan penisilin), cahaya ultraviolet (matahari), penggunaan obat-obatan tertentu, merokok, paparan kristal silica.
  • Faktor hormonal : umumnya perempuan lebih sering terkena penyakit Lupus dibandingkan laki-laki. Meningkatnya angka pertumbuhan penyakit Lupus sebelum periode menstruasi atau selama kehamilan mendukung dugaan hormon estrogen menjadi pencetus penyakit Lupus

Gejala utama pada lupus adalah ruam wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu atau disebut dengan Buterfly Rash. Sedangkan gejala lain diantaranya adalah :

  • Sesak napas
  • Nyeri dada yang persisten
  • Nyeri sendi, bengkak, dan kaku
  • Demam dan kelelahan
  • Jari dan jari kaki membiru ketika terkena dingin
  • Sakit kepala, kebingungan dan kehilangan ingatan

Mengutip alodokter.com, penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya lupus.

Baca juga: Gejala Penyakit Ginjal Akut Misterius yang Kini Serang Anak NTT, Awalnya Batuk Pilek

Beberapa pemicu munculnya gejala lupus adalah paparan sinar matahari, penyakit infeksi, atau obat-obatan tertentu.

Lupus dapat menyebabkan peradangan di berbagai organ dan bagian tubuh.

Hal ini menyebabkan gejala lupus bisa berbeda pada penderitanya.

Meski begitu, terdapat sejumlah gejala umum yang bisa terjadi, seperti nyeri dan kaku pada sendi, lelah, ruam kulit, sensitif terhadap sinar matahari, dan penurunan berat badan.

Apakah lupus dapat disembuhkan?

Jawabannya adalah lupus tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang ada sebatas untuk meredakan keluhan, mencegah munculnya gejala, dan menghambat perkembangan penyakit.

Metode pengobatannya bisa berupa pemberian obat-obatan, penerapan pola hidup sehat, dan pengelolaan stres dengan cara yang positif.

Apakah lupus dapat dicegah?

Mengutip alodokter.com, lupus juga tidak dapat dicegah. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena lupus atau mencegah kambuhnya keluhan dan gejala.

Contohnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, menghindari pemicu lupus, dan melakukan kontrol kesehatan ke dokter secara berkala.

Semoga Bermanfaat!!! (*)

BACA BERITA TERBARU POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved