Berita Kupang

500 Kelompok Tani di Kecamatan Kupang Timur Telah Terdata di e-RDKK

Jumlah Kelompok Tani di Kecamatan Kupang Timur mengalami peningkatan hingga mencapai lebih dari 500 Kelompok Tani.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO-ISTIMEWA
Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kupang Timur, Sarlin Lado menyampaikan saat ini di Kecamatan Kupang Timur terdata 500 Poktan terdaftar di e-RDKK. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Sebanyak 500 Kelompok Tani (poktan) di Kecamatan Kupang Timur telah tercatat dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok secara Elektrik atau e-RDKK.

e-RDKK ini nantinya akan digunakan bagi pemenuhan pupuk bersubsidi bagi masyrakat petani.

Jumlah Kelompok Tani di Kecamatan Kupang Timur mengalami peningkatan hingga mencapai lebih dari 500 Kelompok Tani.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kupang Timur, Sarlin Lado mengungkapkan angka yang terdata di E-RDKK  ini jauh berbeda dengan sistim pendataan secara langsung yang hanya mencapai 200-an Poktan saja.

Saat ditemui, Rabu 18 Januari 2033 menurut Sarlin, sistim e-RDKK bagi pemenuhan pupuk bersubsidi kepada  petani Kupang Timur ini sudah dilakukan pihaknya sejak 4 tahun lalu dan antusias masyarakat petani begitu tinggi.

"Antusias masyarakat tinggi. Ini karena penyaluran pupuk tepat sasaran. Pupuk yang diperoleh petani sesuai luas lahan tanam yang dimiliki."jelasnya.

Apalagi ungkap dia, tahun 2023 ini, data RDKK secara Elektrik ini akan terintegrasi secara online dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Tentunya, petani tidak bisa lagi bermain-main atau  berlaku curang

Dalam ketentuan sistem satu orang petani dibatasi dengan luas lahan nya 2 hektar, satu Kelompok Tani dibatasi 25 hektar akan tetapi tergantung juga letak titik koordinatnya.

"Kalau di lapangan faktanya cuma miliki lahan  setengah hektar maka dia berhak dapat pupuk sesuai luas lahan untuk 2 musim tanam," ungkapnya.

Baca juga: Klub Sepakbola di Kabupaten Kupang Dukung Farry Francis Maju Calon Ketum PSSI

Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kupang Timur pastinya sudah mensosialisasikan kepada kurang lebih 500 Kelompok Tani dan data mereka sudah tersimpan dalam Sistim Penyuluhan (Simlu) Sementara Kartu Tani masih dalam proses  aktivasi.

Untuk diketahui, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2023, Kementerian Pertanian mewajibkan seluruh petani yang terdaftar di dalam eRDKK melalui Kelompok Tani nantinya akan difasilitasi dengan Kartu Tani sehingga penebusan pupuk bersubsidi nantinya bisa dilakukan oleh para anggota Poktan.

Sementara Alex Nguru Ketua Kelompok Tani Semangat Kelurahan Oesao  mengaku sangat optimis dan setuju dengan pemberlakuan sistim RDKK secara elektrik.

Pasalnya, menurut dia penyaluran pupuk bersubsidi sangat akurat sesuai luas lahan yang dimiliki petani

Di sisi lain, proses penebusan pupuk bersubsidi sudah bisa dilakukan secara langsung oleh anggota kelompok di Pengecer pupuk yg ditunjuk Pemerintah apabila mereka sudah menggunakan Kartu Tani. (ary)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved