Pemilu 2024

KPU Flores Timur Segera Lantik 95 PPK Lolos Tes Murni

Dalam rencana 95 PPK yang dinyatakan lolosini dilantik pada tanggal 4 Januari 2023 mendatang.

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/PAUL KEBELEN
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Flores Timur, Kornelius Abon 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paul Kebelen

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Flores Timur menyatakan sebanyak 95 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lolos seleksi dan segera dilantik pada tanggal 14 Januari 2023 mendatang.

Dalam rencana 95 PPK yang dinyatakan lolosini dilantik pada tanggal 4 Januari 2023 mendatang.

Selanjutnya akan membantu kinerja KPU Flores Timur di 19 wilayah kecamatan.

"Pelantikan rencananya dilakukan secara terpusat di Larantuka. Dalam pelantikan itu ada pakta integritas sebagai penyelenggaraan Negara yang bermoral dan beretika," ujar Ketua KPU Flores Timur Kornelius Abon di ruangan kerjanya, Rabu 21 Desember 2022.

Ia mengatakan, pembagian anggota PPK berjumlah lima orang di tiap kecamatan. Pihaknya berharap tak ada kendala sehingga pelantikan berjalan sesuai rencana yang sudah ditetapkan.

Dijelaskan Kornelis, PPK terlantik akan mendapatkan pembekalan awal kemudian langsung melaksankan tugas dan fungsinya di masing-masing kecamatan.

Baca juga: Ketua KPU NTT: Calon DPD Dapil NTT Harus Penuhi Syarat 2.000 Pemilih

Menurut Kornelis, KPU Flotim juga mengadakan bimbingan teknis dan kunjungan asistensi bagi anggota PPK untuk mematangkan kinerja menghadapi kultur Pemilu berbasis digital.

"Setelah lantik, mereka sudah langsung tancap gas. Mereka nanti membantu kami dalam mengawal beberapa tahapan-tahapan disana," katanya.

Salah satu tugas dalam tahapan pemilu, jelasnya, adalah persiapan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pantitia Pendaftaran pemilih (Pantarlih), dan tahapan pencalonan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pihaknya memastikan PPK dinyatakan lolos berdasarkan tes murni. Mulai dari seleksi administrasi, ujian tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dan wawancara serta rapat pleno penentuan kelulusan tanggal 16 Desember 2022.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved