Berita NTT

Warga Lokal Mengaku Bangga Kain Adat Sabu Raijua Dikenakan Putra Jokowi, Kaesang Pangarep

dipakainya kain adat Sabu di ruang publik menjadikan salah satu cara dalam mempromosikan budaya dan kain adat Sabu

Editor: Rosalina Woso
Warga Lokal Mengaku Bangga Kain Adat Sabu Raijua Dikenakan Putra Jokowi, Kaesang Pangarep
POS-KUPANG.COM/ELISABETH EKLESIA MEI
ADRIANA DJUNINA - Adriana Djunina warga Lokal Sabu Raijua yang tinggal di Jalan Oelon lll, Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur,Jumat 9 Desember 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Elisabeth Eklesia Mei

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Adriana Djunina (42) seorang warga lokal Sabu Raijua menyampaikan rasa bangganya atas kain adat Sabu Raijua yang dikenakan Putra Jokowi, Kaesang Pangarep dalam foto praweddingnya.

Putra Jokowi, Kaesang Pangarep mengenakan pakaian adat Sabu Raijua saat praweding bersama Erina Sofia Gudono.

Hal ini dikatakan Adriana saat ditemui POS-KUPANG.COM, di Rumahnya, Jalan Oelon lll, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat, 9 Desember 2022.

Baca juga: Kapal Cantika 77 Terbakar, Polda NTT Limpahkan Nahkoda Cantika 77 ke Kejaksaan Negeri Kupang

“Tentunya sebagai warga lokal Sabu Raijua kami merasa bangga bahwa kain adat Sabu itu bisa dipakai oleh anak dari seorang Presiden Republik Indonesia. Jadi itu bukan hanya dikenal warga lokal, tapi juga seluruh Indonesia,” ucap Adriana.

Adriana mengatakan dengan dipakainya kain adat Sabu Raijua di ruang publik menjadikan salah satu cara dalam mempromosikan budaya dan kain adat Sabu Raijua untuk dikenal dan diketahui oleh banyak orang.

Peristiwa dipakainya kain adat Sabu Raijua oleh Putra Jokowi ini, sambungnya merupakan salah satu cara juga untuk menyadarkan kita masyarakat NTT, khususnya masyarakat Sabu Raijua bahwa budaya-budaya lokal mengenai kain adat ini menjadi hal yang paling penting untuk dijaga dan dilestarikan. 

“Kain adat itu dibuat oleh nenek moyang kita yang tentunya harus kita jaga dan lestarikan. Semua jenis kain adat pasti memiliki makna dan nilai yang terkandung di dalalmnya. Hal ini menunjukkan bahwa kita orang NTT kaya akan sumber daya budayanya. Saya sangat bangga dengan kain adat Sabu yang dipilih Putra Jokowi menjadi busana praweddingnya,” ujar Adriana

Baca juga: Gelar Seminar Nasional Pertanian, Direktur Politani Kupang: Sumbangsih Bagi NTT

Menurut Adriana, dengan dipublikasikannya kain adat Sabu Raijua menjadi salah satu cara juga dalam memotivasi ibu-ibu penenun yang ada di Daerah untuk lebih semangat menenun dan menghasilkan lebih banyak lagi kain adat Sabu Raijua.

“Dengan cara ini kan, ibu-ibu di daerah akan lebih semangat lagi menenun dan menghasilkan lebih banyak lagi kain adat. Karena mereka juga bangga kain adat yang mereka tenun itu dipakai oleh Putra Jokowi dan mungkin ke depannya akan dipakai oleh tokoh-tokoh terkenal lainnya,” ucap Adriana.

Adriana berpesan kepada anak-anak muda NTT, khususnya putra putri Sabu untuk lebih mencintai budaya lokal dan tidak lupa untuk selalu melestarikankannya

“Untuk anak-anak muda NTT, khususnya Sabu Raijua, cintailah selalu budaya lokal karena itu warisan leluhur dan jangan lupa juga untuk terus melestarikannya agar tidak hilang. Tetap jaga selalu budaya kita,” ujar Adriana.

Adriana berharap juga bagi Pemerintah Daerah atau Pemda Sabu Raijua agar bisa lebih memerhatikan lagi terkait kain adat Sabu Raijua. Dalam hal ini mengenai tenunan-tenunan yang dihasilkan itu bukan hanya dilakukan oleh ibu-ibu saja tetapi anak-anak muda di Kabupaten Sabu juga.

Baca juga: Gelar Seminar Nasional Pertanian, Direktur Politani Kupang: Sumbangsih Bagi NTT

“Kalo bisa Pemda Sabu berikan ruang untuk anak-anak muda bisa menenun. Paling tidak buatkan tempat pelatihan dan juga perlengkapan dan peralatannya juga disediakan,” Ucap Adriana. (Cr.20)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved