Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Minggu 11 Desember 2022, Iman dan Akal yang Terpadu Melahirkan Kedamaian

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Iman dan Akal yang Terpadu Melahirkan Kedamaian.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RENUNGAN - RP. Markus Tulu SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Minggu 11 Desember 2022, dengan judul Iman dan Akal yang Terpadu Melahirkan Kedamaian. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Iman dan Akal yang Terpadu Melahirkan Kedamaian.

RP. Markus Tulu menulis Renungan Harian Katolik ini dengan mengacu pada bacaan perta dari Kitab Yesaya 35: 1-6a.10; bacaan kedua dari Surat Yakobus 5: 7-10; dan bacaan Injil Matius 11: 2-11.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Minggu 11 Desember 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

 

Selamat Hari Minggu Adven III Bagi kita semua.

"Iman dan akal seperti dua sayap jiwa manusia yang dengannya ia terbang menuju kebenaran," demikian tegas Santo Yohanes Paulus II.

Sebagai kaum beriman tentu kita meyakini sungguh bahwa kebenaran yang sejati mesti diperoleh dari usaha budi atau akal manusia dan iman itu sendiri.

Jika kita hanya mengandalkan iman, mungkin saja kita bisa tenggelam dalam fanatisme yang sempit dan dangkal. Yang bisa berakibat lahirnya radikalisme, ujaran kebencian, intoleransi dan terorisme.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 10 Desember 2022, Elia Sudah Datang Tetapi Orang Tidak Mengenal Dia

Sebaliknya jika kita hanya mengandalkan budi atau akal kita, maka bisa saja kita tampil terlampau arogan, tamak atau keserakahan yang akhirnya melahirkan ketidakadilan dan tindakan-tindakan yang tidak berperikemanusiaan lainnya.

Iman dan akal mesti berjalan terpadu agar melahirkan kedamaian, kasih dan kebijaksanaan hidup.

"Kuatkanlah tangan yang lemah lesu, dan teguhkanlah lutut yang goyah. Janganlah takut! Allah Tuhanmu akan datang dan menyelamatkan kamu."

Kata-kata ini meneguhkan hati kita kaum beriman supaya hidup dengan penuh pengharapan dan keyakinan bahwa Tuhan sangat peduli dengan hidup setiap kita umat beriman.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 10 Desember 2022, Meneladani Cara Hidup Elia dan Yohanes Pembaptis

Hal penting yang mesti kita perhatikan dalam hidup ini adalah betapa pun kita berhadapan dengan ujian, tantangan dan ancaman hidup, diharapkan kita tetap saja bersandar pada Tuhan.

Dan dengan beriman penuh bahwa Tuhan dengan kasih-Nya itu akan datang menolong, membebaskan dan menyelamatkan kita.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved