Kabar Artis

Prosesi Siraman Kaesang Erina, Air dari Tujuh Sumber Mata Air, Disiramkan 7 Orang Pilihan

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono digelar dalam balutan tradisi Jawa.

Editor: Alfons Nedabang
INSTAGRAM JOKOWI
Presiden Jokowi menyiram air ke tubuh anaknya, Kaesang Pangarep. Sebelum menikah dengan Erina Gudono, Kaesang menjalani prosesi siraman, Jumat (9/12/2022). 

POS-KUPANG.COM, SOLO - Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono digelar dalam balutan tradisi Jawa. Salah satu tradisi tersebut adalah siraman bagi calon pengantin.

Proses siraman itu dilakukan pada Jumat (9/12/2022) di kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Solo, Jawa Tengah, dan di kediaman keluarga Gudono di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Proses siraman digelar sehari sebelum acara akad nikah pada Sabtu (10/12) ini. Dalam proses siraman kemarin, air siraman diambil dari sumber tujuh mata air yang dijadikan satu untuk mandi kedua calon pengantin.

Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan ada tujuh sumber mata air yang disiapkan untuk tradisi siraman pengantin.

Ketujuh sumber mata air itu, yakni sumber mata air Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

Ketujuh air tersebut kemudian disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. "Sumber tujuh mata air itu dijadikan satu untuk tradisi siraman kedua calon pengantin. Untuk prosesi siraman berlangsung pada Jumat pekan ini atau tanggal 9 Desember," kata Gibran di Solo, Senin (5/12).

Baca juga: Jokowi Gendong Kaesang Iriana Doakan Bahagia, Prosesi Siraman Erina Berlangsung Haru

Baca juga: Siraman Erina Gudono, Pengasuh Bocorkan Sifat Calon Isteri Kaesang Pangarep Jelang Pernikahan Besok

Tak hanya siraman Kaesang yang menggunakan air dari tujuh sumber mata air. Air yang digunakan untuk prosesi siraman Erina juga diambil dari tujuh sumber. Mulai dari air di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, air zamzam, Keraton Kilen, Pakualaman, dan Puro Mangkunegaran.

Air dari tujuh sumber itu kemudian disiramkan ke tubuh Kaesang dan Erina oleh tujuh orang. Tak sembarangan orang pula yang bisa melakukan siraman kepada calon pengantin.

Tujuh orang yang menyiramkan air tersebut harus lebih tua dari Kaesang dan Erina, orang yang pernah mantu, serta orang yang telah menikah dan tak pernah bercerai.

Dalam proses siraman Kaesang, Jokowi didampingi Iriana memberikan siraman pertama. Kemudian sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu yaitu Mahfud MD, Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

Sementara prosesi siraman Erina melibatkan sejumlah sesepuh keluarga. Salah satu yang terlibat dalam prosesi adat siraman Erina yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

Selain itu Permaisuri Kadipaten Pakualaman GKBRAy Adipati Paku Alam X juga ikut dalam prosesi ini. Keduanya menjadi satu dari 7 orang yang bertugas untuk menyiram Erina.

Pranatacara atau pembawa acara, Wigung Wratsangka menuturkan, prosesi siraman ini menggunakan Gagrak Jogjakarta. Seluruh prosesinya menerapkan tradisi pernikahan adat Jawa gaya Yogjykarta.

“Yang siraman Ibu (Sofiatun Gudono) kemudian GKR Hemas, Gusti Putri (GKBRAy PA X), Ibu Pratikno, kemudian ada tiga sesepuh,” kata Wigung. (tribun network/fik/maw/tro/rif/dod)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved