Berita Kota Kupang

110 Lulusan Ners Universitas Citra Bangsa Diambil Sumpah

Ini adalah puncak dari semua kisah, perjuangan dari 4 tahun yang lalu. Kalian sudah dibentuk dengan luar biasa. Suka dan duka kalian alami

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG/AGUS TANGGUR
DIAMBIL SUMPAH - Sebanyak 110 lulusan Ners Angkatan IX Tahun Ajaran 2021-2022 Universitas Citra Bangsa atau UCB Kupang diambil sumpah, Kamis, 8 Desember 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Agus Tanggur

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Sebanyak 110 lulusan Ners Angkatan IX Tahun Ajaran 2021-2022 Universitas Citra Bangsa atau UCB Kupang diambil sumpah. 

Pengambilan sumpah profesi ners tersebut dilaksanakan di Hotel Cahaya Bapa, Kota Kupang. Kamis, 8 Desember 2022.

Pantauan POS-KUPANG.COM, sidang pengambilan sumpah profesi tersebut dibuka oleh Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI NTT, Aemilianus Mau. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah profesi perawat yang dikukuhkan oleh para rohaniwan. 

Baca juga: Alumni SMAN 1 Kupang Gelar Lomba Hias Pohon Natal Bagi Gereja di Kota Kupang

Dekan Fakultas Kesehatan UCB Kupang, Vinsen Belawa Making, SKM., M.Kes, dalam sambutannya menyampaikan proviciat atas pelantikan dan pengambilan sumpah profesi yang sudah dilakukan. 

"Ini adalah puncak dari semua kisah, perjuangan dari 4 tahun yang lalu. Kalian sudah dibentuk dengan luar biasa. Suka dan duka kalian alami. Setelah sumpah ini silakan terjun ke masyarakat dengan bekal yang ada," ujarnya. 

Vinsen berharap agar dengan bekal yang dimiliki oleh para profesi bisa membantu masyarakat dan dapat dilakukan dengan profesional dan bertanggungjawab. 

"Semoga dengan bekal ini bisa membantu masyarakat dan jangan sampai melakukan kesalahan. Perlu diingatkan lagi bahwa sumpah tadi sudah dikukuhkan oleh rohaniwan," tandasnya 

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan bahwa tugas di kampus telah selesai. Tetapi, kalau ada yang perlu didiskusikan silakan. Selanjutnya kami serahkan sepenuhnya kepada PPNI. 

Baca juga: Selamat Datang Ketum Demokrat AHY di Kota Kupang

Sementara itu, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Aemilianus Mau, mengatakan bahwa sumpah profesi ners ini merupakan awal yang baru. 

"Saya berharap agar kedepan kegiatan profesi harus ikuti. Kalau kegiatan profesi tidak diikuti, Ini menunjukan bahwa semangat untuk belajar kembali sudah semakin kurang. Padahal profesi yang kita embani ini berakhir seumur hidup. Bukan hanya berakhir disini saja,"ujarnya. 

Selain itu ia juga mengingatkan agar menjalankan tugas sesuai dengan janji dan sumpah yang diucapkan. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien, pelayanan tanpa diskriminasi kemudian menghormati penyakit pasien. 

Dia juga menyampaikan bahwa kedepan pihaknya akan mengurus untuk menjadi tenaga kesehatan.

"Tugas kami kedepan ialah kita mengurus mereka untuk menjadi tenaga kesehatan (perawat, red) yang tercatat di Kementrian Kesehatan atau yang sering disebut pengurusan STR dan tentunya memiliki beberapa persyaratan,"ujarnya. 

Baca juga: Agenda Kunjungan Wisata, Siswa SMKN 1 Sabu Barat Kagum Pantai LLBK Kota Kupang

Sementara, salah satu perwakilan profesi tersebut mengatakan bahwa siap bertarung dalam dunia kerja dan mengaplikasikan apa yang didapat dalam ruangan kelas. 

"Kami siap bertarung dalam dunia kerja dengan mengaplikasikan teori-teori yang sudah didapatkan.Selain itu pengambilan sumpah yang dilakukan sangat sakral. Dan, kami sangat berterima kasih kepada Bapak dan Ibu Dosen yang sudah mendidik dan membina kami. Tentunya kami sangat merasa bahagia," ujarnya singkat. (cr23) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved