Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Kamis 8 Desember 2022, Tak Mungkin bagi Manusia Tapi Mungkin bagi Allah

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Tak Mungkin bagi Manusia Tapi Mungkin bagi Allah.

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RENUNGAN - RP. Markus Tulu SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk Kamis 8 Desember 2022 dengan judul Tak Mungkin bagi Manusia Tapi Mungkin bagi Allah. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Tak Mungkin bagi Manusia Tapi Mungkin bagi Allah.

RP. Markus Tulu menulis Renungan Harian Katolik ini dengan merujuk bacaan pertama dari Kitab Kejadian 3: 9-15.20; bacaan kedua Efesus 1:3-6. 11-12; dan bacaan Injil Lukas 1:26-38, Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Kamis 8 Desember 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

 

Pada Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda, Kita kaum beriman diajak untuk merenung hidup kita dan dengan sikap iman yang sejati kita berusaha untuk menyelami misteri besar Allah mulai dari Maria dipanggil sampai dengan Maria mengandung dan melahirkan Yesus.

"Di manakah engkau? " Ia menjawab, "Ketika aku mendengar bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut karena aku telanjang, sebab itu aku bersembunyi."

Jawaban Adam yang sedang dalam ketakutan terhadap Tuhan yang bertanya kepadanya melukiskan kepada kita bahwa sikap takut Adam terhadap Tuhan bukan dengan bermnaksud untuk tidak tergoda dan jatuh ke dalam dosa, tapi karena dia sadar bahwa dia telah jatuh dan berdosa.

Di sini yang terjadi adalah ketakutan karena telah jatuh ke dalam dosa. Dan bukan ketakutan yang suci. Dalam arti karena dia takut akan Allah, maka meskipun dia diberikan buah terlarang oleh Hawa untuk dimakan, tapi oleh sikap takutnya akan Allah itu, dia menolaknya.

Itulah ketakutan yang suci. Ketakutan yang mengandung ketaatan penuh akan kehendak Allah.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 7 Desember 2022, Kasih Tuhan Tak Pernah Berubah

Sadar atau pun tidak, "Di dalam Kristus, Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya."

Allah memilih kita supaya kita hidup kudus oleh Roh-Nya yang menuntun. Tapi hidup kita kaum beriman seringkali menyimpang dari kehendak Allah.

Karena itu kita menjadi hamba dosa. Kita telah bersekutu dengan Adam dan menjadi hamba dosa.

Kita telah mencemari dan menodai tubuh, diri dan hidup kita dengan hawa nafsu. Dan Tuhan mengetahui semua itu.

Tuhan melihat kita dan mengenal kita jauh lebih sempurna dari kita melihat dan mengenal diri kita.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved