Berita Kupang

Program USAID Berlanjut di Kabupaten Kupang

Bentuk kerjasama untuk dukungan keberlanjutan program USAID di Kabupaten Kupang dbuktikan dengan penandatanganan RKT (rencana kegiatan tahunan)

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO
JABAT TANGAN - Ketua Tim Perkotaan USAID Indonesia, Ryan Weddle saat usai melakukan penandatanganan RKT berjabatan tangan dengan Wabup Kupang Jerry Manafe 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,  Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI- USAID yang merupakan lembaga pembangunan internasional dari Pemerintah Amerika Serikat akan terus berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Kupang

Bentuk kerjasama untuk dukungan keberlanjutan program USAID di Kabupaten Kupang dbuktikan dengan penandatanganan RKT (rencana kegiatan tahunan) untuk program USAID IUWAISH Tangguh Provinsi NTT pada Selasa 6 Desember 2022 bersama Pemkab Kupang.

Menurut Ketua Tim Perkotaan USAID Indonesia, Ryan Weddle bahwa  ln USAID IUWAISH (Indonesian Urban Resilient Water, Sanitation and Hygiene) konsen di sektor air minum dan sanitasi.

Dijelaskan Ryan Weddle bahwa RKT ini merupakan dokumen yang disusun bersama tim USAID IUWAISH (Indonesian Urban Resilient Water, Sanitation and Hygiene) Tangguh dan Pemkab Kupang sebagai bentuk komitmen kemitraan.

Yang mana, USAID sendiri merupakan lembaga pembangunan internasional dari Pemerintah Amerika Serikat yang telah bermitra dengan seluruh negara selama lebih dari 70 tahun demi menjawab tantangan yang menghambat pembangunan.

Baca juga: Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat : USAID Fokus Satu Program Kerja

Untuk sektor air minum dan sanitasi di Indonesia, USAID telah bekerjasama selama 15 tahun mendampingi 92 kota dan kabupaten dalam meningkatkan aksi air minum dan sanitasi kepada hampir seluruh masyarakat Indonesia.

"Pada kesempatan ini, program 5 tahun USAID IUWAISH Tangguh akan membantu pemerintah Indonesia mencapai target RPJMN tahun 2024 dan tujuan pembangunan PBB tahun 2030 untuk 100 persen akses air minum dan sanitasi aman serta perilaku higienis bagi jutaan penduduk Indonesia yang rentan," terangnya.

Bersama Bappenas dan Kementerian teknis terkait seperti PUPR, Kesehatan, Kemendagri, USAID merancang program IUWAISH Tangguh.

Dia mengaku bersyukur, satu tahap persiapan bisa dilalui dengan sosialisasi program, diskusi hingga penandatanganan RKT.

Pihak USAID juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Kupang dan jajarannya atas komitmennya dalam mendukung pencapaian target pembangunan sektor air minum dan sanitasi. 

Semoga program ini bisa bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan serta mendukung Pemkab Kupang mencapai target mengakses air minum dan sanitasi aman yang berketahan iklim.(ary)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved