Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Minggu 4 Desember 2022, Bertobatlah, Persiapkan Jalan bagi Tuhan

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. John Lewar SVD dengan judul Bertobatlah, Persiapkan Jalan Bagi Tuhan.

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE/SUARA PAGI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RENUNGAN - RP. John Lewar SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Minggu 4 Desember 2022 dengan judul Bertobatlah, Persiapkan Jalan bagi Tuhan. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. John Lewar SVD dengan judul Bertobatlah, Persiapkan Jalan Bagi Tuhan.

RP. John Lewar menulis Renungan Harian Katolik ini dengan merujuk bacaan pertama dari Kitab Yesaya 11: 1-10, bacaan kedua Roma 15: 4-9, dan bacaan Injil Matius 3:1-12.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Minggu 4 Desember 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Saudari-saudaraku yang terkasih dalam Kristus.

Paus Fransiskus pernah mengatakan bahwa Tuhan tidak akan pernah lelah dan bosan menerima dan mengampuni bila kita membutuhkan pengampunan-Nya. Kata-kata sederhana Paus Fransiskus bagaikan hembusan udara segar.

Paus ingin menampilkan wajah gereja yang tidak menghukum ketika berhadapan dengan kerapuhan dan luka-luka manusia, tetapi justru merawat dengan obat belas kasih.

Paus mendorong umat beriman melakukan pertobatan sekaligus mempersiapkan jalan Tuhan dengan memeriksa hati nurani masing-masing, di sisi lain manusia diajak meninggalkan perbuatan buruk.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa pertobatan tidak datang tiba-tiba tetapi lahir dari belajar melakukan perbuatan baik melalui tindakan nyata setiap hari.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 4 Desember 2022, Hilangnya Rasa Berdosa

Kata Paus, “Pertobatan tidak terjadi tiba-tiba seperti menggunakan mantra ajaib. Bukan seperti itu, pertobatan adalah sebuah jalan untuk keluar dari pengaruh jahat.”

Bahkan bagi orang suci sekalipun, pertobatan terjadi melalui kerendahan hati dan selalu berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Kita belajar untuk melakukan perbuatan baik secara konkret, bukan hanya dengan kata-kata, namun dengan tindakan nyata.

Kita telah memasuki Minggu Adven ke-2. Dalam Minggu Adven ini kita disadarkan melalui Sabda Tuhan untuk mempersiapkan diri menyongsong kelahiran Yesus Kristus dengan pertobatan.

Yohanes Pembaptis mengingatkan kita, “Bertobatlah, sebab kerajaan Allah sudah dekat. Di padang gurun persiapkanlah jalan untuk Tuhan,
luruskanlah jalan bagiNya.”

Jalan Tuhan itu baik dan jelas. Manusia telah mengganggu jalan ini dengan tumpukan-tumpukan dosa. Jalan yang sudah dibuat Tuhan terpaksa dibelok-belokkan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved