KKB Papua

KKB Papua - Yudo Margono Dianjurkan Lanjutkan Gagasan Andika Perkasa Tangani Konflik Papua

Yudo Margono, Calon Panglima TNI diminta untuk melanjutkan gagasan Andika Perkasa dalam menangani konflik berkepanjangan yang terjadi di Papua.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
LANJUTKAN - Calon Panglima TNI, Yudo Margono dianjurkan untuk melanjutkan gagasan dan upaya Jenderal Andika Perkasa dalam menangani konflik di Papua. Melanjutkan upaya mengubah pendekatan militeristik ke kemanusiaan adalah hal yang tempat untuk daerah itu. 

POS-KUPANG.COM - Yudo Margono, Calon Panglima TNI diminta untuk melanjutkan gagasan Jenderal Andika Perkasa dalam menangani konflik berkepanjangan yang terjadi di Papua selama ini.

Adapun gagasan Jenderal Andika Perkasa yang dianjurkan untuk dilanjutkan, adalah mengubah pendekatan militeristik ke pendekatan kemanusiaan.

Saran ini disampaikan Direktur Imparsial, Gufron Mabruri dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu 30 November 2022.

Dikatakannya, konflik di Papua bukan hal baru di Tanah Air. Kasus tersebut masih berkepanjangan sampai dengan saat ini.

Baca juga: KKB Papua - Calon Panglima TNI Diminta Prioritaskan Evaluasi Penanganan Konflik di Papua

Selama rentang waktu yang panjang itu, lanjut Gufron Mabruri, korban jiwa tak terhitung lagi jumlahnya.

Tak hanya dari kalangan prajurit TNI dan Polri, tetapi juga warga sipil. Bahkan jumlah warga sipil jauh lebih banyak dari aparat penegak kedaulatan NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ).

Oleh karena itu, lanjut dia, Calon Panglima TNI yang saat ini diusulkan Presiden Jokowi, yakni Laksamana Yudo Margono, hendaknya terus mengkaji masalah itu dan memikirkan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Salah satunya, lanjut dia, adalah melanjutkan gagasan dan upaya yang selama ini telah dilakukan oleh Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Selama menjadi Panglima TNI, lanjut Gufron Mabruri, Jenderal Andika Perkasa telah berupaya untuk mengubah pola pendekatan militeristik ke pendekatan kemanusiaan.

Pola ini, katanya, merupakan inisiatif militer dalam menjaga stabilitas Indonesia khususnya di wilayah Papua.

"Mengubah pendekatan keamanan di Papua dari militeristik ke kemanusiaan, merupakan sebuah inisiatif militer. Ini juga tepat dalam rangka menciptakan suasana yang aman dan nyaman di Papua.

Bahwa saat ini Jenderal Andika Perkasa segera memasuki masa purnah bakti, tapi progam itu sebaiknya dilanjutkan oleh Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.

Baca juga: Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI, DPR Siap Gelar Fit and Proper Test

Jika nantinya Yudo Margono telah resmi menjadi Panglima TNI, maka satu hal yang harus dilakukan adalah melanjutkan perjuangan Andika Perkasa dalam rangka memulihkan konflik di Papua.

Gufron juga menyinggung kekerasan terhadap warga sipil yang sampai saat ini sering terjadi di Bumi Cenderawasih tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved