Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Kamis 1 Desember 2022, Batu Iman, Harapan dan Kasih

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Eman Kiik Mau dengan judul Batu Iman, Harapan dan Kasih.

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RENUNGAN - RD. Eman Kiik Mau menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Kamis 1 Desember 2022 dengan judul Batu Iman, Harapan dan Kasih. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Eman Kiik Mau dengan judul Batu Iman, Harapan dan Kasih.

RD. Eman Kiik Mau menulis Renungan Harian Katolik ini dengan merujuk bacaan Injil Matius 7:21.24-27.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Kamis 1 Desember 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Iman menuntut penyerahan diri pada kehendak Allah. Penyerahan diri ini menjadi ungkapan iman yang rendah hati dan tulus.

Artinya, kita selalu mengandalkan kekuatan Allah. Batu sebagai dasar bangunan rumah menjadi gambaran hidup kita. Itulah batu iman, harapan dan kasih.

Doa harian dan Ekaristi Kudus menjadi roh kita dalam mengerti, memahami dan melaksanakan kehendak Allah.

Iman akan berdaya guna bila kita wujudkan dalam tindakan nyata. Semuanya itu akan menghantar kita pada persatuan mesra dengan Allah.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 30 November 2022, Mereka Segera Meninggalkan Perahu

Bacaan Injil Matius hari ini merupakan sebagian penutup kotbah di bukit yang disampaikan Yesus. Secara mengejutkan, nasehat Yesus yang sejuk dan menghibur ternyata diakhi dengan sejumlah peringatan yang cukup keras.

Bersyukur dalam segala situasi, bertindak dengan penuh kasih dan mengimani kebaikan Allah adalah sebagian isi kotbah di bukit yang disampaikan oleh Yesus. Kotbah indah indah dan menakjubkan. Kita juga harus setia melaksanakan itu setiap hari.

Hari ini Gereja memperingati Beato Dionisius dan Redemptus, Biarawan Martir Indonesia. Dionisius putra sulung dari 10 bersaudara. Ayahnya berprofesi sebagai dokter dan nahkoda kapal. Dionisius tumbuh dalam keluarga yang saleh, rendah hati, iman yang teguh dan siap sedia berkorban.

Bruder Redemptus merupakan Bruder Karmelit. Ia menjadi mantan serdadu Portugis yang ditugaskan di Goa. Ia berasal dari keluarga petani miskin yang memeluk erat tradisi Kristiani.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 1 Desember 2022, Fondasi Hidup yang Kokoh Kuat

Dionisius dan Redemptus adalah dua orang profesional dalam karya pelayaran dan militer. Namun pada akhirnya mereka berganti haluan dan hidup membiara sebagai Karmelit. Keduanya nati sebagai martir di Aceh. Mereka dibunuh oleh tentara kerajaan Aceh pada zaman Sultan Iskandar Tani karena iman mereka akan Kristus.

Tuhan Yesus, Engkau memberi tanpa batas, penuh dan melimpah. Berikanlah kami kebahagiaan dalam memberi lebih daripada dalam menerima. Beato Dionisius dan Redemptus, doakanlah kami. Amin.

Teks Lengkap Bacaan Kamis 1 Desember 2022

BACAAN - Ilustrasi Alkitab Katolik. Silakan membaca teks lengkap bacaan Renungan Harian Katolik Kamis 1 Desember 2022.
BACAAN - Ilustrasi Alkitab Katolik. Silakan membaca teks lengkap bacaan Renungan Harian Katolik Kamis 1 Desember 2022. (Tokopedia)
Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved