Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Jumat 2 Desember 2022, Percaya: Sebuah Gerak Keluar dari Diri

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh Bruder Pio Hayon SVD dengan judul Percaya: Sebuah Gerak Keluar dari Diri.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RENUNGAN - Bruder Pio Hayon SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Jumat 2 Desember 2022 dengan judul Percaya: Sebuah Gerak Keluar dari Diri. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh Bruder Pio Hayon SVD dengan judul Percaya: Sebuah Gerak Keluar dari Diri.

Bruder Pio Hayon menulis Renungan Harian Katolik ini dengan merujuk bacaan pertama dari Kitab Yesaya 29:17-24, dan bacaan Injil Matius 9:27-31.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Jumat 2 Desember 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

 

Ibu Bapak, saudari/a terkasih dalam Kristus.

Hari ini bacaan-bacaan suci mengarahkan kita kepada Percaya. Percaya itu sebuah gerak keluar dari dalam diri seseorang kepada orang lain.  Percaya bisa juga sebagai buah gerak ke dalam diri sendiri untuk meyakinkan diri sendiri.

Kitab Yesaya mengungkapkan tentang orang yang percaya kepada Tuhan akan mendapat banyak pertolongan dari kesengsaraan, kemiskinan, kebutaan dan orang yang sombong akan lenyap.

Sikap percaya kepada Tuhan karena kebesaran Tuhan yang akan selalu melindungi umatNya yang
lemah karena mereka telah menguduskan Nama Tuhan dalam hidup dan doa-doa mereka.

Sedangkan dalam bacaan Injil, Matius mengisahkan tentang kedua orang buta yang datang memohon kepada Yesus untuk disembuhkan.

Yesus bertanya, “Percayakah kalian bahwa Aku dapat melakukannya?”

Jawab mereka, “Ya Tuhan, kami percaya.”

Pengakuan ini terjadi karena mereka selama bertahun-tahun tidak pernah melihat sosok Yesus sang penyembuh itu. Mereka bisa percaya karena mendengar kabar atau cerita tentang Dia, tentang Yesus itu.

Kesadaran iman oleh mendengarkan itu menghantar mereka keluar dari diri mereka sendiri dan datang kepada Yesus.

Gerak kesadaran itu “mereka berseru-seru dan datang kepadaNya” adalah sebuah bukti akan iman mereka kepada Yesus. Yesus yakin akan iman itu dan menyembuhkan mereka.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Jumat 2 November 2022, Semoga Kita Bisa Melihat Tuhan

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved