Berita Kabupaten Sikka

Maksimalkan Potensi Yang Dimiliki, Pemkab Sikka Kerja Sama Dengan BRIN Untuk Riset dan Inovasi

Pemerintah Kabupaten Sikka menyadari potensi besar yang dimiliki jika dimanfaatkan serta dikembangkan secara optimal mampu meningkatkan kesejahteraan.

POS KUPANG.COM
BAHAS KERJA SAMA -Bapelitbang Sikka membahas kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Jakarta, Jumat, 18 November 2022. 

POS-KUPANG.COM, MAUMERE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka memaksimalkan potensi yang dimiliki dengan membangun kerja sama  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).   

Pemerintah Kabupaten Sikka menyadari potensi besar yang dimiliki jika dimanfaatkan serta dikembangkan secara optimal mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemanfaatan dan pengembangan potensi akan memberikan dampak positif jika dilakukan melalui riset dan kajian yang menghasilkan rekomendasi bagi pengambilan kebijakan. 

Hal ini disampaikan Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka Margaretha.M.D.M Bapa, ST,M.Eng dalam sapaan pembuka pada pembahasan lanjutan Rencana Kerja sama Pemerintah Kabupaten Sikka dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jumat,18 November 2022 di ruang Riset Gedung B.J. Habibie Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Menurut ibu yang akrab disapa Femy Bapa, Pemerintah Kabupaten Sikka sangat membutuhkan kerja sama dengan BRIN agar dapat membuat kebijakan yang terukur, tepat guna dan tepat sasaran berbasis riset dan data.

Baca juga: Pemkab Sikka Fasilitasi MoU Jual Beli Umbi Porang, Perumda Mawarani dan PT. Indo Konjac Glukomanan

Direktur Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah Agus Widodo pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa  BRIN menyambut baik  kerja sama tersebut dan mendorong serta akan mendampingi Pemerintah Kabupaten Sikka dalam melaksanakan fungsi kelitbangan, termasuk penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia.

Dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Kamis, 24 November 2022, kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sikka dengan BRIN akan  difokuskan  pada kegiatan penelitian, pengembangan, Pengkajian dan Penerapan Teknologi serta Invensi dan Inovasi yang terintegrasi yang meliputi 6 program/kegiatan yakni; (1) Penelitian, Pengembangan,Pengkajian, Penerapan serta Invensi dan Inovasi Baru dalam Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan dan kelautan, Pariwisata dan UMKM; (2) Penelitian, Pengembangan, Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Bidang TIK/Teknologi Informasi dan Komunikasi (salah satunya terkait perluasan transaksi keuangan daerah melalui tandatangan elektronik), Pertanian, Peternakan, Perikanan dan kelautan, Pariwisata, serta UMKM; (3) Pengembangan SDM dalam bidang IPTEK; (4) Riset Pembuatan dan Pengembangan Pupuk organik; (5) Penelitian Pelestarian dan Pengembangan Kearifan Lokal Kabupaten Sikka dalam Bidang Penulisan Hukum Adat Sikka, Perkembangan dan Sistem Persukuan di Kabupaten Sikka, Pengembangan Kawasan Kampung Adat dan Budaya Masyarakat Kabupaten Sikka menjadi Destinasi Wisata Adat, Pengembangan Hutan Adat dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal; (6) Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi.

Baca juga: Pemkab Sikka Kerjasama PT FTF Globalindo Pasang Mesin Parkir di Pintu Masuk Pasar Alok, Ini Suasana

Dalam lanjutan pembahasan kerja sama tersebut, Pemerintah Kabupaten Sikka diwakili Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka, Kabid Litbang Yanto Nara Bata, ST.M.Sc dan Kepala Bagian Organisasi Hans C.Mula,SH.MH sedangkan dari BRIN dihadiri Direktur Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah Agus Widodo bersama Pelaksana Riset (PR) dan para peneliti dari berbagai Deputi. Pembahasan lebih difokuskan pada detil kegiatan, waktu serta peran para pihak.(*)

Ikuti Berita Pos-Kupang.com di GOOGLE NEWS

 

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved