Prakiraan Cuaca NTT

BMKG: Waspada, Hujan Daya Rusak Tinggi Landa NTT 7 Hari ke Depan

Prakiraan Cuaca NTT terbaru, peringatan dini BMKG: Waspada, Fenomena Downbrust picu hujan dengan daya rusak tinggi di Wilayah NTT

Editor: Adiana Ahmad
Kabupaten Pasuruan
Cuaca NTT/ Ilustrasi hujan angin - BMKG: Waspada Hujan daya rusak tinggi landa NTT 7 hari ke depan 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap Cuaca NTT 7 Hari ke depan. Menurut BMKG ada potensi Hujan daya rusak tinggi melanda NTT mulai 15 - 21 November 2022.

BMKG menyebut, hujan daya rusak tinggi tersebut dipicu oleh Fenomena Downbrust

Downburst merupakan kondisi angin kencang disertai hujan secara vertikal ke bawah begitu cepat dalam durasi yang singkat dengan daya rusak yang tinggi.

Karena itu BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada. 

Baca juga: Cuaca NTT 18 November 2022, BMKG Ingatkan Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Landa NTT Hari ini

Kepala Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Kamis 17 November 2022, mengatakan, potensi hujan dengan daya rusak tinggi melanda NTT. Fenomena itu disebut downburst. 

Dikatakan Agung Sudiono Abadi, Fenomena Downburst terjadi selama periode 15 - 21 November 2022.

"Waspada terjadinya hujan yang disertai angin kencang secara vertikal ke bawah dan memiliki daya rusak yang tinggi karena terjadi dengan kecepatan yang tinggi dalam durasi yang singkat atau downburst," himbau Agus Sudiono Abadi.

Menurut Agung Sudiono Abadi, downburst berbeda dengan tornado.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca NTT 16 November 2022, BMKG:15 Daerah Ini Patut Waspadai Cuaca Ekstrem Hari Ini

Dalam istilah meteorologi sendiri downburst merupakan sistem angin kencang secara vertikal ke bawah dalam waktu singkat dan muncul dari sistem awan cumulonimbus dan menyebar saat sampai di permukaan tanah.

Agung Sudiono Abadi menyebut kondisi cuaca NTT umumnya berawan hujan ringan berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. 

Sementara suhu udara berkisar dari 23 - 33°C dengan kelembaban udara berkisar antara 65 - 95 persen. Sedangkan arah angin bervariabel dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin 10 sampai 30 km/jam.

Ia merinci prospek cuaca di Pulau Timor umumnya cerah berawan hingga berawan tebal dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang disertai petir mulai 15 - 21 November 2022. 

Untuk Pulau Rote umumnya cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang disertai petir pada periode yang sama. 

Sementara Pulau Sabu umumnya cuaca cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang disertai petir. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved