Berita Nasional

Suka Duka Jenderal Andika Perkasa Selama 35 Tahun Mengabdi di TNI, Bulan Depan Pensiun

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan pensiun bulan depan, tepatnya ketika ia memasuki usia 58 tahun pada 21 Desember 2022.

Editor: Alfons Nedabang
POS KUPANG.COM/HO
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat memberikan keterangan dalam Jumpa Pers G20 updates “Dukungan Pengamanan KTT G20”, yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom, Kamis 20 Oktober 2022. Pada bulan Desember 2022 nanti, Andika Perkasa pensiun. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan pensiun bulan depan, tepatnya ketika ia memasuki usia 58 tahun pada 21 Desember 2022.

Menjelang pensiun, Andika Perkasa menceritakan perjalanan kariernya selama 35 tahun mengabdi di TNI.

Ia mengaku perjalanannya dalam dunia militer diwarnai dengan suka dan duka hingga akhirnya menduduki pucuk jabatan tertinggi sebagai Panglima TNI.

Andika Perkasa mengungkapkan hal itu ketika memberikan pengarahan kepada para perwira yang ikut pendidikan program Command and Staff Course dan Intermediate Staff Course yang diadakan Akademi Pertahanan Brunei Darussalam.

"Tahun ini adalah tahun ke-35 saya mengabdi pada militer Indonesia, banyak suka dan duka selama karier saya sejak masuk Akademi Militer, dan kemudian mendapatkan jabatan hingga sekarang," ujar Andika Perkasa, dikutip dari kanal Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa, Rabu 16 November 2022.

Andika Perkasa juga menyinggung mengenai tantangan situasi keamanan saat ini. 

Ia menyatakan bahwa tidak bisa menggeneralisasi sikap kepemimpinan militer seperti apa yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan tersebut.

“Saya tidak bisa menggeneralisasi kira-kira sikap kepemimpinan seperti apa yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan situasi keamanan saat ini, karena situasi akan selalu berubah, selalu berkembang dan tidak akan ada habisnya,” jelas mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

Baca juga: Bursa Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika, Politisi PDIP Effendi Simbolon Sebut Plan A

Baca juga: Calon Kuat Panglima TNI, KSAL Laksamana Yudo Margono Serahkan ke Jokowi

Andik Perkasa memandang bahwa menjalin persahabatan dengan negara lain merupakan salah satu cara untuk menghadapi tantangan situasi yang terus berkembang.

"Saya pikir cara terbaik adalah dengan melihat siapa, apakah kita punya teman-teman di sekitar kita, karena itulah hal yang terbaik,” jelas Andika Perkasa.

Ia juga menyadari menjalin persahabatan akan membuat setiap negara bisa saling mengandalkan dalam berbagai aktivitas pertahanan.

"(Misalnya) saat berkunjung, saya harus mengandalkan mereka, saya tidak bisa membawa seluruh keamanan saya sendiri, harus bekerja sama dan mempercayai mereka,” tutur Andika Perkasa.

“Jadi kemana pun kami pergi, kami harus bisa diandalkan, mempercayai negara tuan rumah, tidak peduli seberapa kecil negaranya, atau seberapa kuat negaranya," tambahnya.

Andika Perkasa pun berpesan kepada para perwira dari sejumlah negara supaya momen pendidikan ini harus dimanfaatkan untuk menjalin persahabatan.

"Kalian semua masih memiliki waktu yang lama mengabdi, manfaatkan pendidikan dan saling bersahabat satu sama lain, tidak semua orang mendapatkan kesempatan ini," imbuh Andika Perkasa. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved