Prakiraan Cuaca NTT

Awas Potensi Hujan Deras di Ngada dan Manggarai Timur-NTT, BMKG: Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Peringatan dini Cuaca NTT, awas ada potensi hujan deras di Ngada dan Manggarai Timur-NTT, BMKG: Waspada Banjir dan tanah longsor

Editor: Adiana Ahmad
ruparupa
Hujan deras di Ngada dan Manggarai Timur/ Ilustrasi hujan deras-Awas Potensi hujan deras di Ngada dan Manggarai Timur, BMKG: waspada banjir dan tanah longsor 

POS-KUPANG.COM - Ada peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) terkait Cuaca NTT. Awas ada potensi hujan deras di Ngada dan Manggarai Timur Provinsi NTT dua hari ke depan. Masyarakat dihimbau waspada Banjir dan tanah lonsor sebagai dampak dari dari hujan deras tersebut. 

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi ketika di Kupang, Kamis 10 November 2022, mengatakan, wilayah Ngada dan Manggarai Timur berstatus waspada hujan deras yang perlu diwaspadai, karena berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Dikatakan Agung Sudiono Abdi, potensi curah hujan tersebut dapat memicu bencana hidrometeorologi, seperti Banjir dan tanah longsor yang menimbulkan berbagai dampak seperti jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi.

Selain itu, terjadinya longsor berupa guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume aliran air sungai meningkat atau banjir yang berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat.

Baca juga: Cuaca NTT Hari Ini 10 November 2022, BMKG: Waspada Seluruh Wilayah NTT Hujan Petir Siang Ini

Karena itu Agung Sudiono Abdi mengimbau masyarakat di daerah berpotensi terdampak agar berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah atau tidak perlu beraktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan yang bersifat mendesak.

Selain itu, terus memperbarui informasi cuaca yang disampaikan BMKG serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan ketika terjadi bencana.

"Upaya mitigasi perlu dipersiapkan maksimal untuk meminimalisasi berbagai kemungkinan risiko bencana alam," katanya. (*/ant)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved