Berita NTT

Undana dan Unwira Kupang Jadi Tuan Rumah Rakernas APTARI Tahun 2022

Undana dan Unwira Kupang jadi tuan rumah digelarnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia atau APTARI 2022.

Penulis: Ray Rebon | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
APTARI - Suasana pembukaan acara Rakernas APTARI tahun 2022 di Aula Pasca Sarjana Undana Kupang, Rabu 9 November 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Universitas Nusa Cendana Kupang dan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang menjadi tuan rumah digelarnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia atau APTARI 2022.

Rakernas yang dilangsungkan secara Hybrid ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada hari pertama atau pembukaan digelar pada Rabu, 9 November 2022 di Aula Pasca Sarjana Undana Kupang dan hari kedua atau acara penutupan kegiatan akan digelar di Aula St. Paulus Unwira Penfui Kupang pada Kamis, 10 November 2022.

Demikian disampaikan Ketua panitia pelaksana, Rosvitayanti Umbu Nday, ST.,M.Eng kepada POS-KUPANG.COM, Rabu 9 November 2022.

Dijelaskannya kegiata Rakernas APTARI 2022 ini difasilitasi Kemendikbudristek.

Kata dia turut hadir dalam acara pembukaan Rakernas APTARI tersebut yakni, Perwakilan dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Ketua APTARI, Gubernur NTT yang diwakili oleh staf ahli, Prof Fred Benu.

Ia mengatakan  kegiatan Rakernas ini digelar selama dua hari, namun ada penambahan satu hari untuk bersama peserta Rakernas mengunjungi lokasi kampung adat di daratan Pulau Timor.

Baca juga: Akademisi FISIP Undana Kupang: Aksi Nakes Bukti Nyata Buruknya Kinerja Pemkot Kupang

Ia menyebut sebanyak 144 perguruan tinggi, khususnya program studi arsitek di Indonesia yang menjadi anggota APTARI. Sedangkan di NTT sebanyak 4 perguruan tinggi yakni, Undana, Unwira, Unipa dan Unflor yang telah bergabung menjadi anggota APTARI.

Sementara itu, peserta dalam Rakernas APTARI 2022 sebanyak 60 Kaprodi dan 35 non Kaprodi dari 60 PT yang mengikuti secara offline dan 160 orang dari 80 PT yang mengikuti secara online.

Ia mengatakan agenda pada Rakernas hari pertama ialah pemaparan materi dari Kemendikbudristek, ketua APTARI serta kegiatan dilanjutkan dengan acara rapat kelompok program kerja.

Selain itu, agenda pada hari kedua Rakernas APTARI ialah, pleno pembacaan hasil dari rapat pokja hari pertama.

Mewakili Prodi Arsitek Undana, ia berharap dengan Rakernas ini, mahasiswa prodi arsitek Undana maupun Unwira dapat bersaing dengan PT dari luar NTT. 

Menurut dia, Perguruan tinggi di NTT pun selalu berupaya untuk mencapai kesamaan komptensi untuk mahasiswa di NTT dengan mahasiswa di luar NTT.

Baca juga: PMM 2 Unwira Gelar Seminar Inspiratif- Modul Nusantara di Kampung Adat Tutubhada Nagekeo

Ia mengakui jika Rakernas APTARI bukan saja bermanfaat bagi perguruan tinggi, melainkan sangat bermanfaat bagi para lulusan untuk profesi maupun kebutuhan lain sebagai seorang arsitek.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved