Breaking News:

Pilpres 2024

Pilpres 2024, Surya Paloh Siap Restui Duet Anies Baswedan-AHY, PKS Sodorkan Ahmad Heryawan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Editor: Alfons Nedabang
POS-KUPANG.COM
BERSALAMAN - Anies Baswedan dan AHY saat bersalaman pada sebuah momen. Saat ini Anies Baswedan yang juga Gubernur DKI Jakarta itu telah ditetapkan sebagai calon presiden oleh Partai NasDem dan akan maju pada Pilpres 2024. Untuk momen itu, tersiar kabar bahwa AHY akan dipinang jadi calon wakil presiden. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Keduanya bertemu di Wisma Nusantara, Gondangdia, Jakarta Pusat untuk makan siang bersama.

Pantauan Tribun di Wisma Nusantara, Surya Paloh tiba terlebih dahulu sekitar pukul 12.00 WIB. Disusul AHY datang sekitar pukul 12.10 WIB. AHY yang datang sempat memberikan pernyataan kepada awak media. "Silaturahmi, makan siang, ngobrol-ngobrol," kata AHY, Rabu 26 Oktober 2022.

Usai pertemuan AHY bersama Surya Paloh kemudian memberikan pernyataan. Saat ditanya awak media apakah putra sulung Presiden ke-6 RI SBY itu siap menjadi kandidat wakil presiden Anies Baswedan, AHY menyebut dirinya siap ditugaskan di mana saja dan kapan saja.

“Ya kami pribadi terus mempersiapkan diri, apapun tugas ya harus kami jalankan pada saatnya. Apa pun itu, di mana pun itu harus siap,” ujar AHY.

Namun, lanjut AHY saat ini yang menjadi prioritas adalah proses pembentukan koalisi antara Partai Demokrat, Partai NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia mengklaim ketiga partai politik (parpol) tak ingin terburu-buru untuk mengumumkan pendeklarasian capres-cawapres.

Baca juga: Pilpres 2024, Hasil Survei SMRC : Elektabilitas Anies Baswedan Bisa Kalahkan Prabowo

“Karena yang lebih baik adalah (koalisi) benar-benar solid, dan benar-benar setelah itu hanya ada maju ke depan, dan berlari. Bukan berhenti atau mundur ke belakang,” ujarnya.

AHY mengaku tak mau mendesak mitra koalisi untuk memilihnya sebagai cawapres. Ia hanya mengupayakan yang terbaik dan selalu siap jika akhirnya dipilih untuk mendampingi Anies Baswedan berkontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Usai AHY memberikan pernyataan giliran Paloh yang berkomentar. Eks politisi partai Golkar tersebut menyebut apabila sikap AHY baik maka ia siap merestui. Hanya saja ia mengembalikan lagi kepada Anies Baswedan apakah siap meminang AHY menjadi pendampingnya.

"Nah yang bisa jawab pak Anies. Sudah saya serahkan kepada pak Anies. Kalau saya orang tua ini apa. Kalau baik-baik pasti saya restui," ujarnya.

Paloh mengatakan saat ini bakal poros koalisi yang sedang terjalin antara NasDem, Demokrat, PKS masih terus menyesuaikan frekuensi. Dia memastikan hubungan yang terjalin di koalisi semakin kokoh.

"Koalisi memang sedang menyesuaikan frekuensi, apa yang barangkali bisa disesuaikan satu sama lain, tapi yang jelas hubungan yang baik selama ini sudah terjalin semakin memperkokoh semangat," katanya.

Paloh juga masih mencari waktu yang cocok untuk deklarasi capres cawapres dan membahasnya bersama koalisi. "Waktunya kapan untuk deklarasinya, hari cari baik bulan baik," katanya.

Baca juga: Pilpres 2024, Survei Litbang Kompas : Pemilih NasDem Tak Banyak Pilih Anies Baswedan

Makin Mesra

Sehari sebelumnya, AHY sempat melakukan pertemuan dengan Anies Baswedan di kediaman eks gubernur DKI Jakartra itu kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. AHY menyebut, kunjungan dirinya ke kediaman Anies Baswedan itu merupakan yang pertama kali dilakukan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved