Berita Manggarai Barat

BPOLBF dan Jasa Raharja Tingkatkan Kolaborasi Sektor Pariwisata Labuan Bajo

Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya. 

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO-ISTIMEWA
PERJANJIAN - Direktur BPOLBF Shana Fatina, bersama Direktur Utama PT Asuransi Jasaraharja Putera, Bambang Isworo, bersalaman usai penandatanganan PKS di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores ( BPOLBF ) dan PT. Asuransi Jasa Raharja  Putera berkolaborasi untuk meningkatkan sektor pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. 

Hal tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama atau PKS, tentang Pengembangan Sistem Kolaborasi Pemasaran Produk Asuransi Bagi Wisatawan dan Layanan Destinasi Wisata berbasis Digital antara BPOLF dan Jasaraharja, yang berlangsung di Kantor Pusat Jasa Raharja di Jakarta pada Senin 10 Oktober 2022 lalu. 

Berdasarkan rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Minggu 16 Oktober 2022, penandatangan kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya. 

Baca juga: Labuan Bajo Marathon, Peserta Akan Melintasi Rute Menantang

Selain itu, merupakan perluasan dari PKS sebelumnya tentang Penutupan Asuransi Kecelakaan Bagi Wisatawan yang ditandatangani kedua belah pihak pada 5 Februari 2022 lalu. 

Direktur Utama PT Asuransi Jasa Raharja Putera, Bambang Isworo menjelaskan, penandatanganan PKS dilakukan dengan memperluas lingkup kerjasama dari PKS sebelumnya menjadi kolaborasi pengembangan sistem platform digital, untuk branding produk destinasi wisata dan produk asuransi keselamatan wisatawan dalam satu platform digital. 

"Dengan mengembangkan sistem platform digital kami harapkan wisatawan dapat memperoleh manfaat asuransi sebagai jaminan keamanan dan kenyamanan saat berkunjung, " ungkapnya. 

Dengan begitu, lanjut dia, bagi wisatawan yang tiba di Labuan Bajo dan ingin berwisata ke daerah lain, seperti Ruteng, Ende, dan seterusnya akan tercover asuransi selama 7 hari. Wisatawan dapat mengakses informasi seputar destinasi wisata dan sekaligus asuransi dalam satu platform tersebut. 

Selain pengembangan sistem platform digital, kedua pihak juga bersepakat untuk memperluas wilayah cover asuransi yang sebelumnya hanya untuk 3 Kabupaten di Manggarai Raya, menjadi seluruh kawasan Floratama (Flores, Alor, Lembata, dan Bima) yang merupakan wilayah koordinatif BPOLBF

"Kolaborasi dikemas dalam satu platform digital yang saling terhubung antar destinasi wisata di wilayah koordinatif BPOLBF dan asuransi sebagai produk Jasaraharja Putera, " jelas Bambang Isworo. 

Sementara, Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina dalam kesempatan tersebut menjelaskan, PKS bersama Jasaraharja Putera dilakukan dalam rangka mengembangkan sistem Ticketing Management berbasis digital. 

"Jadi bagaimana satu platform digital ini dapat memberikan akses informasi  dan produk destinasi di kawasan Floratama dan sekaligus juga sudah men-cover asuransi keselamatan Si Wisatawan, " jelas Shana. 

Ia menambahkan, saat ini BPOLBF juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan jaminan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi wisatawan salah satunya dengan adanya jaminan asuransi melalui Jasaraharja Putera. 

"Selain memastikan kesiapan destinasi baik aspek 3A dan kesiapan SDM, tetapi juga hadir untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Floratama, melalui penyediaan fasilitas berupa jaminan asuransi keselamatan sebagai bagian dari bentuk pelayanan prima, " terang Shana. 

Sesuai kesepakatan, BPOLBF menginisiasi sistem 'single ticketing' yang di dalamnya sudah termasuk dengan premi asuransi keamanan dan keselamatan untuk wisatawan yang berkunjung di wilayah Floratama, dalam Floratama Travel Pass, untuk diversifikasi produk aktivitas wisata, meningkatkan lama tinggal dan belanja wisatawan, serta memfasilitasi desa wisata maupun pokdarwis dengan akses lebih luas. 

PT. Asuransi Jasaraharja Putera sebagai pihak kedua akan memfasilitasi penyediaan sistem Ticketing Management secara elektronik kepada BPOLBF. Perjanjian tersebut berlaku selama 5 tahun dan akan dievaluasi setiap tahun. 

Sebagai informasi, PT. Asuransi Jasaraharja Putera sendiri merupakan anak perusahaan Jasa Raharja yang merupakan anggota IFG (Indonesian Financial Group) Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan. PT. Asuransi Jasaraharja Putera juga terdaftar dan diawasi OJK. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved