Berita Manggarai Timur

Pejabat Eselon II Lingkup Pemkab Manggarai Timur Ikut Uji Kesesuaian Kompetensi

Bupati Agas Andreas mengatakan, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting bagi sebuah organisasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi

Penulis: Robert Ropo | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
SELEKSI--Para pejabat eselon II B sedang mengikuti seleksi Kesesuaian Kompetensi/ Pemetaan dan Evaluasi Kinerja Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Kamis 6 Oktober 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG- Sebanyak 26 orang pejabat Pejabat Eselon II atau Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemkab Manggarai Timur mengikuti uji kesesuaian kompetensi/pemetaan dan evaluasi kinerja jabatan, Kamis 6 Oktober 2022.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 6-8 Oktober 2022 sebagai bentuk peningkatan kualitas sumber daya aparatur dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi di masing-masing bidang sesuai urusannya. 

Saat membuka kegiatan ini di ruang rapat Bupati Manggarai Timur, Kamis 6 Oktober 2022, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas menyampaikan beberapa pokok pikiran terkait kegiatan evaluasi kinerja jabatan.

Dalam arahannya sebelum membuka kegiatan itu, Bupati Agas Andreas mengatakan, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting bagi sebuah organisasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mencapai tujuan.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur tentunya membutuhkan peningkatan kualitas sumber daya aparaturnya dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya di masing-masing bidang sesuai urusannya. 

Dalam merespon komitmen dimaksud, lanjut Bupati Agas Andreas maka pembenahan dan penataan Aparatur yang menjadi Top Manajer pada level Pimpinan Tinggi Pratama di daerah, patut dievaluasi, dinilai ulang/reevaluasi secara cermat, transparan dan kompetitif.

Ini dimaksudkan agar menghasilkan seorang pemimpin yang bersih, profesional, bertanggung jawab dan melayani, yang tentunya akan bersinergi dengan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan birokrasi pemerintahan yang baik.

Baca juga: Terpilih Jadi Calon Wakil Bupati Manggarai Timur, Heremias Dupa Ucapkan Selamat Buat Siprianus Habur

Menurutnya, seorang pemimpin tidak hanya memiliki potensi, namun potensi itu perlu dikembangkan untuk menjadi kompetensi. Harus kerja keras dan kerja cerdas serta kerja secara iklas. 

Selain itu seorang pemimpin harus profesional yang punya pengetahuan dan keterampilan dimana harus mempunyai relasi yang bagus antara pegawai dan pihak lainya untuk kerja sama yang bagus seperti yang didengungkan pemimpin itu bukan superman tapi super tim. 

"Kalau tidak punya relasi yang bagus tentu menimbulkan konflik internal. Saya harapkan harus jaga kekompakan tim dalam melayani publik yang bermuara pada pelayanan publik yang bagus, cepat, memuaskan dan tanpa pengaduan,"tegasnya.

Karena itu dipandang perlu untuk melakukan penataan jabatan yang berbasis kompetensi melalui penilaian potensi dan kompetensi.

Dimana hasilnya dapat dijadikan dasar pengembangan, yang menuju pada pengembangan karier sesuai dengan pola karier berbasis sistem merit dan dalam rangka menjawabi berbagai tuntutan di atas yang bersifat konstitusional, manajerial maupun tupoksional dan untuk kepentingan dinas serta kelancaran pelaksanaan tugas pada Dinas dan Badan yang teknis dan sangat vital. 

Bupati Agas juga mengatakan kegiatan tersebut tentu melibatkan para pakar dan para Akademisi dari Perguruan Tinggi guna melakukan proses pemetaan secara objektif.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved