Berita Sabu Raijua

Ansy Lema Bantu Petani Sabu Raijua, Serahkan Traktor Roda Empat dan Sepuluh Alsintan

Penyerahan alsintan pra dan pasca panen dilakukan Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus Nithanael Rihi Heke, M.Si mewakili Ansy Lema

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Eflin Rote
HO-DOK PRIBADI ANSY LEMA
ANSY LEMA SERAHKAN BANTUAN - Sejumlah alsintan yang diserahkan oleh anggota DPR RI Ansy Lema di Kabupaten Sabu Raijua, Jumat 23 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM - Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si atau Ansy Lema menunjukkan kerja konkretnya untuk mendukung pembangunan sektor pertanian, peternakan, serta kelautan-perikanan di daerah pinggiran dan terpencil.

Komitmen politisi Ansy Lema itu, terwujud nyata melalui kesuksesannya memperjuangan alat mesin pertanian (alsintan) berupa satu unit Traktor Roda Empat, lima Unit Pemipil Jagung dan lima unit Perontok Padi untuk petani di Kabupaten Sabu Raijua.

"Alsintan ini hasil dari kerja saya meyakinkan negara untuk membantu petani di Pulau Sabu. Negara, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) harus menjangkau petani di sana dengan bantuan alsintan. Syukur aspirasi ini disetujui Kementan yang berujung pada bantuan alsintan hari ini," papar Ansy Lema melalui keterangan tertulis yang diterima POS-KUPANG.COM, Selasa 27 September 2022.

Penyerahan alsintan pra dan pasca panen dilakukan Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke mewakili Ansy Lema pada Jumat, 23 September 2022.

Hadir menyaksikan penyerahan Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sabu Raijua Paul Rabe Tuka dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua Ir. Charles F. Y. Meyok.

Baca juga: Ansy Lema Beri Bantuan Puluhan Ekor Sapi Kepada Kelompok Ternak Ausue di Rote Ndao

Perjuangkan Sabu Raijua

Sejak berada di  DPR RI, Ansy mengaku telah menjadikan Sabu sebagai salah satu daerah prioritas. Sabu bukan daerah terluar dan terpinggir tetapi beranda depan negara Republik Indonesia. Apalagi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menginstruksikan para kader PDI Perjuangan untuk membangun Indonesia dari daerah periferal.

Baca juga: Bantu Belasan Ribu Benih Ikan Lele Jemaat Betania Baa, Ansy Lema Sebut Rote Selalu di Hati

"Maka, saya meyakinkan mitra-kerja Komisi IV menerapkan kebijakan dan tindakan afirmatif terhadap Kabupaten Sabu Raijua. Pemerintah harus hadir untuk membangun Sabu Raijua melalui kebijakan konkret dan memihak kesejahteraan petani, peternak dan nelayan di sana," tegas Ansy.

Ansy menjelaskan, alsintan Traktor Roda Empat ditempatkan di Brigade Dinas Pertanian Kabupaten Sabu Raijua. Tujuannya agar bisa dipakai oleh kelompok tani seluruh Sabu yang ingin membuka lahan pertanian. Karena membuka lahan menggunakan Traktor Roda Empat dapat menghemat waktu dan tenaga.

"Penggunaan alsintan pasca panen dapat menghemat waktu, menghemat biaya tenaga kerja, dan mempercepat pengolahan pasca panen. Penggunaan alsintan pasca panen juga dapat meningkatkan produksi dan nilai jual produk tanaman pangan," papar Ansy.

Apresiasi Bupati Sabu Raijua

Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ansy Lema atas perhatiannya yang besar kepada Kabupaten Sabu Raijua. Bantuan alsintan untuk petani sangat bermanfaat meningkatkan produktivitas pangan.

"Ketersediaan alsintan pra dan pasca panen sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pangan di tengah krisis pangan global. Karena itu kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada anggota DPR RI Ansy Lema atas bantuan alsintan ini," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR RI Ansy Lema Serahkan Traktor dan Puluhan Alsintan ke Petani Rote Ndao

Pada kesempatan itu, Ansy menginformasikan juga telah  memberikan bantuan satu paket Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) senilai 200 Juta rupiah, satu unit Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) senilai 50 Juta rupiah, dan 3 unit Motor Tiga Roda kepada petani di Sabu Raijua.

Ansy meminta kelompok tani penerima bantuan untuk menanamkan spirit berbagi, bergotong-royong dan bertanggung jawab. Alsintan dapat dipinjamkan kepada kelompok tani lain yang membutuhkan, juga selalu dirawat agar tidak cepat rusak. (tom)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved