Berita Timor Tengah Utara

Dewan Juri Festival Desa Binaan dan PAD Bank NTT  Apresiasi UMKM Desa Napan Timor Tengah Utara

Binaan Bank NTT Cabang Kefamenanu membuat usaha yang dilakukan pelaku UMKM seperti kelompok tenun ikat dapat meningkatkan kesejahteraan

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/DIONISIUS REBON
JURI - Para juri saat melakukan penilaian di Desa Napan, Jumat, 23 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Dewan Juri Festival Desa Binaan dan PAD, Bank NTT Tahun 2022 memberikan apresiasi terhadap pelaku UMKM di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Timor Tengah Utara, NTT. 

Apresiasi yang diberikan Dewan Juri Festival Desa Binaan dan PAD Binaan Bank NTT Cabang Kefamenanu ini kepada pelaku UMKM karena memproduksi berbagai macam makanan lokal, minuman dan jamu tradisional.

Hasil Binaan Bank NTT Cabang Kefamenanu membuat usaha yang dilakukan pelaku UMKM seperti kelompok tenun ikat dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Baca juga: Plt Kadis PKO Sebut Tidak Ada Tunggakan Gaji Guru PTT di Kabupaten Timor Tengah Utara 

Selain memamerkan hasil produk tersebut, kelompok tenun ikat yang didukung oleh Pemerintah Desa melalui dana desa juga cukup memantik minat.

Dalam arahannya, Juri dari Bank Indonesia Perwakilan NTT Handrianus Paulus Asa mengatakan, ada dua aspek dalam proses penilaian yang dilakukan oleh tim juri yakni: Festival Desa Binaan dan PAD Bank NTT Tahun 2022.

Program ini diselenggarakan untuk mengoptimalkan segala sesuatu yang ada di desa. 

"Saya lihat desa ini luar biasa, ada bapak yang luar biasa yang sudah membuat banyak produk," ucapnya, Jumat, 23 September 2022.

Ia mengakui bahwa, salah satu Desa yang memiliki banyak produk yakni Desa Napan. 

Baca juga: Begini Pesan Bupati Timor Tengah Utara, Juandi David Saat Buka Road Race Piala Bergilir Bupati TTU

Dikatakan Handrianus, potensi yang ada di desa seharusnya memberikan dampak ekonomi bagi semua orang. Ekonomi rumah tangga menjadi fondasi membangun semua impian dan cita-cita anak-anak.

Kehadiran Bank NTT sebagai pendamping UMKM memberikan alternatif pinjaman telah disesuaikan dengan kemampuan masyarakat.

Selain pemberdayaan yang dilakukan oleh desa, diharapkan ekonomi masyarakat bisa tumbuh dan desa mesti lebih sejahtera. P

Pasalnya, untuk menggerakkan pembangunan di desa, masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan dana desa tetap juga Pendapatan Asli Desa (PAD) yang diterima oleh desa.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Napan, Carolina Bobe saat diwawancarai mengatakan bahwa, UKM Binaan Bank NTT sangat membantu warga setempat memperbaiki ekonomi mereka.

Baca juga: Begini Pesan Bupati Timor Tengah Utara, Juandi David Saat Buka Road Race Piala Bergilir Bupati TTU

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved