Berita Flores Timur

Menteri Kominfo Ajak Masyarakat Flotim Cakap Digital

empat pembicara yakni Ketua PGRI Flores Timur Maksimus Masan Kian, Khemal Andrias dan Fransiskus Paji Tukan dan Keynote Speaker utama Jhonny G Plate

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA 
Kadis Kominfo Flotim, Herry Lamawuran didampingi pembicara, Maksimus Masan Kian dan Frano Tukan saat gelar workshop literasi digital 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM,LARANTUKA- Kementrian Komunikasi dan Informatika RI menggelar workshop Literasi Digital dengan tajuk “Makin Cakap Digital di Kota Larantuka” di Aula Gelekat Nara Hotel, Senin 19 September 2022.

Kegiatan tersebut menghadirkan empat pembicara yakni Ketua PGRI Flores Timur Maksimus Masan Kian, Khemal Andrias dan Fransiskus Paji Tukan dan Keynote Speaker utama Jhonny G Plate.

 Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate mengatakan, pada survei AJI pada tahun 2022, lalu ditemukan lebih dari 210 juta penduduk Indonesia atau 77,02 persen telah menjadi pengguna internet. Karena itu, ia berharap dengan literasi digital, kiranya dapat menyiapkan warga yang cakap digital.

"Sumber daya digital yang andal, yang produktif, yang berdaya saing menjadi kunci utama bagi terlaksananya informasi digital nasional. Untuk itu, Kominfo konsisten menjalankan program literasi digital untuk memaksimalkan potensi ruang digital. Sekaligus meminimalkan dampak negatif yang timbul seperti hoax, perundungan, kekerasan seksual dan lainnya,” kata Menteri Jhonny lewat layar zoom.

Baca juga: Kemenkominfo Gelar Pekan Literasi Digital 2022 di Sumba Timur 

Menteri Jhonny menambahkan, sejak 2017, program literasi digital telah menjangkau lebih dari 12, 6 juta penduduk.

Untuk itu, pada tahun 2022 ini, akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Ia menilai kinerja masyarakat dalam literasi digital semakin menunjukkan peningkatan dari sisi kualitas.

“Survei nasional oleh Kementrian Komunikasi dann Informatika RI, menunjukkan bahwa indeks masyarakat Indonesia berada pada tingkat 3,09. Naik dari indeks sebelumnya, 3,46. Capaian ini perlu terus kita tingkatkan. Kominfo hadir memberikan pelatihan soal digital skills. Di tahun ini Kominfo menyasar kepada kelompok strategis seperti kaum perempuan, disabilitas hingga petani dan juga nelayan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Flotim, Herry Lamawuran mengucapkan limpah terima kasih kepada Kominfo yang selalu memberikan pencerahan soal literasi digital kepada masyarakat dan komunitas lainnya.

Baca juga: Airlangga : Bangun Talenta Digital dan Tingkatkan Literasi Digital Memasuki Era Society 5.0

“Kita berharap, kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh pihak kemeterian melalui koordinasi ke tingkat daerah. Tentunya dengan literasi digital ini, para pelajar diharapkan dapat menggunakan media sosial secara bertanggung jawab dan bijak,” katanya.

Salah satu pemateri, Frans Paji Tukan mengatakan, literasi digital harus membawa semua insan pada kecakapan digital.

“Orang semakin berpikir pintas, apa-apa cari di intenet. Kadang juga terjadi penyalahgunaan pengetahuan. Itu karena kurangnya kesadaran dan ketidakefektifan dalam penggunaan media sosial,” ungkapnya. (*) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved