Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Minggu 18 September 2022, Pakai Uang Secara Bertanggung Jawab

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. John Lewar SVD dengan judul Pakai Uang Secara Bertanggung Jawab.

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE/SUARA PAGI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RENUNGAN - RP. John Lewar SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Minggu 18 September 2022 dengan judul Pakai Uang Secara Bertanggung Jawab. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. John Lewar SVD dengan judul Pakai Uang Secara Bertanggung Jawab.

RP. John Lewar menulis Renungan Harian Katolik merujuk Amos 8:4-7, 1Timotius 2:1-8, dan bacaan Injil Lukas 16:1-13, Pekan Biasa XXV.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Minggu 18 September 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

 

Saudari-saudaraku yang terkasih dalam Kristus.

Di zaman modern ini, masyarakat kita semakin terpelajar dan terdidik. Akan tetapi, semakin banyak orang yang masuk penjara dan memenuhi lembaga-lembaga pemasyarakatan.

Banyak kaum berdasi yang berurusan dengan kepolisian, kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka terjerat oleh kasus-kasus yang ujung-ujungnya adalah masalah uang.

Nabi Amos adalah seorang nabi yang sangat menentang ketidakadilan sosial yang terjadi di Israel.

Pada zamannya, orang Israel sedang mengalami kemajuan ekonomi yang luar biasa dan banyak orang tiba-tiba menjadi kaya raya.

Banyak orang mencari kesempatan di dalam kesempitan untuk mendapatkan uang.

Kemajuan ekonomis yang dialami Israel ternyata tidak membuat bangsa ini bersyukur dan makin taat kepada Allah dan ramah tamah terhadap orang kecil dan miskin.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 18 September 2022, Berusaha Mengabdi Allah dengan Setia dan Jujur

Praktek-praktek ketidakadilan dan ketidakjujuran sudah terpola dan membudaya. Orang-orang kaya dan berkuasa, secara tidak adil mengisap dan meminjamkan uang dengan bunga tinggi, yang membeli kepunyaan orang miskin dengan harga yang sangat rendah, pemberian gaji yang begitu kecil, yang tak cukup untuk makan sehari.

Kepada kaum penindas, nabi Amos berseru, ”Allah tidak menutup mata, Allah tidak akan melupakan untuk seterusnya perbuatan
mereka. Allah bersumpah akan membalas para raja dan kaum elit yang mengisap saudara-saudaranya sendiri.

Penginjil Lukas juga menyajikan sebuah ketidakadilan dari seorang yang dihapuskan hutangnya dan karena itu tidak dijebloskan dalam penjara.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved