Berita Kota Kupang

Tim PKM Unimor Buat Signboard di Hutan Wisata Oeluan

Kegiatan ini ditunjang oleh pendanaan yang bersumber dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat atau LPPM Universitas Timor

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/H.O/TIM PKM UNIMOR
TIM PKM - Tim PKM Unimor di lokasi PKM, di kawasan Hutan Wisata Oeluan.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Tim pengabdian masyarakat dari Universitas Timor, Kefamenanu melakukan kegiatan pengabdian di kawasan Hutan Wisata Oeluan

Berdasarkan rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Biologi dan Program Studi Agroteknologi Universitas Timor bekerja sama dengan UPT. Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Timor Tengah Utara khususnya pihak pengelolah Hutan Wisata Oeluan

Terlaksananya kegiatan ini ditunjang oleh pendanaan yang bersumber dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat atau LPPM Universitas Timor.

Baca juga: Universitas Timor Gelar Kegiatan PKKMB tahun Akademik 2021/2022 Secara Daring

Kegiatan dilakukan dalam beberapa tahapan yang pelaksanaaannya dimulai sejak bulan Juni 2022 mulai dari inventarisasi, identifikasi, pembuatan papan nama hingga pelaksanaan pemasangan papan nama tumbuhan pada Jumat 9 September 2022 di Hutan Wisata Alam Oeluan.

Tim PKM sendiri terdiri dari Ketua, Dicky Frengky Hanas, S.Si., M.Si, Dosen Prodi Biologi, anggota 1, Ite Morina Yostianti Tnunay, S.Si., M.Si, Dosen Prodi Biologi dan anggota 2, Meri Helsiana Mata, S.P., M.Si, Dosen Prodi Agroteknologi.

Latar belakang kegiatan ini antara lain kawasan hutan wisata alam Oeluan memiliki tumbuh-tumbuhan yang beranekaragam.

Selain suasana kawasan yang dapat dijadikan sebagai lokasi wisata, keberagaman jenis tumbuhan yang ada di hutan wisata alam Oeluan juga dapat menjadi daya tarik wisata terutama sebagai laboratorium alam keanekaragaman hayati tumbuhan. 

"Informasi mengenai nama jenis tumbuhan yang ada hutan wisata Oeluan belum terdokumentasi dengan baik. Oleh sebab itu, untuk menunjang fungsi hutan wisata alam oeluan sebagai kawasan konservasi dan wisata edukasi maka perlu dilakukan pendataan, pembuatan dan pemasangan signboard nama jenis tumbuhan yang ada sebagai sumber informasi mengenai keberagaman jenis tumbuhan," kata Ketua Tim PKM.

Baca juga: Rayakan Dies Natalis ke-21, Rektor Universitas Timor Sampaikan Pesan Inspiratif

Kegiatan ini bertujuan untuk menginventarisasi dan mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan yang ada di Hutan Wisata Alam Oeluan, membuat dan memasang papan nama identitas jenis-jenis tumbuhan (signboard) di Hutan Wisata Alam Oeluan dan memanfaatkan sumber hayati lokal sebagai sumber pembelajaran guna peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang keanekaragaman hayati.

Adapun manfaat yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah tersedianya data jenis-jenis tumbuhan dan sarana edukasi keanekaragaman hayati tumbuhan berupa signboard nama tumbuhan serta meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap pengenalan nama tumbuhan di hutan wisata alam oeluan.

Format signboard yang dibuat berbentuk persegi panjang dengan ukuran 40x20 cm berbahan kayu dan akrilik. Informasi yang ditulis pada signboard adalah kalimat imbauan untuk mengenal dan mencintai tumbuhan yang ada disekitar, gambar tumbuhan, nama lokal, nama indonesia (umum) dan nama latin/spesies tumbuhan.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved