Breaking News:

Berita Kota Kupang

Rekrutmen Petugas Untuk Pemilu 2024, Pengamat Dorong Milenial Dominasi 

pelaksanaan tahapan pemilu 2024 selain berkontribusi bagi pendidikan politik juga memberi dampak bagi penyediaan lapangan kerja

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Akademisi dan juga Pengamat Politik dari Fisip Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Yohanes Jimmy Nami 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Rekrutmen petugas untuk membantu pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 segera dimulai. Komisi Pemilihan Umum atau KPU NTT telah mengumumkan kuota untuk rekruitmen KPPS dan PPK

11 ribu lebih petugas dibutuhkan sewaktu pesta demokrasi lima tahunan itu. KPU memberi sinyal jadwal pendaftaran dimulai pada bulan Oktober mendatang. 

Sementara Pengamat Politik Universitas Nusa Cendana atau Undana Kupang, Yohanes Jimmy Nami, menyebut, proses rekrutmen PPK dan PPS menyebut merupakan bagian dari tahapan pemilu 2024.

Baca juga: Tahun 2022, Prodi Farmasi Resmi Dibuka di Kampus Undana Kupang

Jimmy menjelaskan, penyelenggara pemilu kali ini memiliki beban dan tugas serta membutuhkan pengetahuan yang mumpuni.

Prosesnya jauh berbeda dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Untuk itu, ia merekomendasikan agar bisa merekrut generasi millineal.

"Pada segmen atau tahapan penyeleksi ini sangat baik apalagi jika segmen yang direkrut merupakan generasi milenial yang notabene merupakan segmen yang kemudian akan menjadi voters mayoritas dalam pemilu 2024," katanya Rabu 14 September 2022.

Menurutnya, dengan keterlibatan generasi muda akan memberikan pendidikan politik dan mengurangi pengangguran akibat minimnya lapangan kerja saat ini.

Jimmy berpandangan, pelaksanaan tahapan pemilu 2024 selain berkontribusi bagi pendidikan politik juga memberi dampak bagi penyediaan lapangan kerja dalam menyukseskan perhelatan pemilu serentak. 

Baca juga: Dorong Peran Mahasiswa dalam Penanganan Kusta, NLR dan Undana Kupang Gelar Webinar Kampus Hybrid

Ia berharap agar masyarakat Indonesia khususnya NTT terlibat menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan yang berkualitas sehingga memperloleh pemimpin-pemimpin yang berintegritas.

"Kita sebagai masyarakat harus terlibat agar perhelatan pemilu 2024 berjalan sukses dan berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu menyediakan SDM kepemiluan yang handal, mengerti tupoksi, berintegritas dan juga siap secara lahir batin, mengingat pemilu 2024 akan menjadi pemilu terbesar pertama yqng dilaksanakan bangsa ini dan tentunya akan cukup kompleks dari sisi pelaksanaan," ujarnya. 

Sisi lain, publik juga perlu mengawal agar proses rekrutmen para penyelenggara pemilu 2024 ini berjalan secara transparan dan akuntable.

Ia tidak ingin 'permainan', saat rekrutmen. Sebab, dampaknya akan terasa saat penyelenggaraan Pemilu berlangsung. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved