Berita Pendidikan

143 Siswa SMK Negeri 1 Kupang Ikut TOEIC Ini Tujuannya

143 siswa SMKN 1 Kupang mengikuti kegiatan Test of English for International Communication (TOEIC). TOEIC ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidi1

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
TOEIC - Siswa SMKN 1 Kupang sementara mengikuti TOEIC di sekolah setempat, Rabu 14 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM,KUPANG - Sebanyak 143 siswa SMK Negeri 1 Kupang mengikuti kegiatan Test of English for International Communication (TOEIC). TOEIC ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan dan  Vocasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Hal ini disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Kupang Kupang, Drs. Mixon R.N. Abineno, Rabu 14 September 2022.

Menurut Kepala SMKN 1 Kupang Mixon  Test of English for International Communication TOEIC itu akan berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal  14 -15  September 2022 dan tujuan dari kegiatan itu, yakni bisa mengukur kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris.

"Kadi kami di SMKN 1 Kupang melakukan pengujian TOEIC yang bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa. TOEIC ini diikuti 143 siswa SMKN 1, yakni siswa dari  kelas XI dan kelas XII," kata SMK Negeri 1 Kupang Mixon.

Kepala SMK Negeri 1 Kupang didampingi  Ketua Panitia, Adriana K. Parera, S.Pd,.M.Par, Mixon menjelaskan, sebelum mengikuti TOEIC terlebih dahulu dilakukan  seleksi dan siswa yang mengikut seleksi sebanyak 485 orang dan yang lolos sebanyak 143 orang.

Baca juga: Kuliner Khas NTT: Nikmatnya Ikan Kuah Asam, Isap Kapala Ikan dan Mata Gargahing Putih

"Awalnya,  siswa yang mengikuti seleksi sebanyak 485 orang dan berhasil lolos 143 orang. Jadi yang ikut tes ini sebanyak 153 orang," katanya.
Dikatakan, dari 143 siswa itu dibagi dalam dua sesi atau gelombang saat TOEIC, yakni untuk sesi pertama dimulai pukul 08:00 wita hingga pukul 10:00 wita.

Sedangkan untuk sesi kedua dimulai pukul 10 :30 wita hingga pukul 12:30 wita

Mixon  mengatakan, kegiatan itu juga dipantau oleh Direktorat Pendidikan dan Vocasi Kemendikbud RI.

Dia mengharapkan agar kedepan peserta TOEIC dari sekolah itu bisa meningkat, apalagi jumlah siswa di sekolah itu cukup banyak.

"Kita harapkan, kedepan bisa banyak yang ikut sehingga dapat mengukur kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris," ujarnya.
Mixon juga mengatakan, karena peserta dari SMKN 1 Kupang cukup  banyak, maka SMKN 1 Kupang diberi kuota gratis sebanyak 17 orang, yang mana ke-17 orang itu adalah para guru.

Ketua Panitia, Adriana K. Parera, S.Pd,M.Par mengatakan,dengan TOEIC itu berpengaruh besar terhadap peningkatan mutu berbahasa Inggris bagi siswa di kelas.

"Secara materi tes itu sudah mengukur semua kemampuan yang dipelajari sejak dulu,  bahkan sejak siswa duduk di Kelas IX hingga Kelas XII dan skala terukurnya  berstandar internasional," kata Diana sapaan akrab Adriana.

Menurut Diana, dengan mengikuti TOEIC tersebut, bukan dilihat lulus atau tidak,  tapi skor nilai yang diperoleh siswa itulah yang menentukan kemampuan mereka.
"Jadi nanti penghargaan yang akan diperoleh siswa, yakni berupa sertifikat TOEIC.

Sertifikat yang akan diperoleh siswa bisa ini digunakan untuk  melamar pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan," katanya.
Diana yang juga sebagai salah satu pembimbing atau guru mata pelajaran Bahasa Inggris ini mengharapkan agar siswa harus semakin terbiasa dengan pola pembelajaran TOEIC

Bahkan, lanjutnya, siswa yang mengikuti TOEIC ini bisa memberi dampak positif  motivasi bagi teman-teman mereka, baik yang belum lolos atau belum pernah mengikuti kegiatan tersebut.

Diharapkan kedepan TOIEC ini bisa familiar di SMKN 1 Kupang, karena sebenarnya TOIEC ini sudah menggambarkan keseluruhan pembelajaran bahasa Inggris dan penjabarannya ada di dalam TOEIC.(*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

TOEIC - Siswa SMKN 1 Kupang sementara mengikuti TOEIC di sekolah setempat, Rabu 14 September 2022
TOEIC - Siswa SMKN 1 Kupang sementara mengikuti TOEIC di sekolah setempat, Rabu 14 September 2022 (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved