Berita Belu

Petugas Damkar dan Polisi di  Belu Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan

Usai mendapat telepon dari kepala sekolah SMAN 2, kami langsung menghubungi petugas Damkar Belu dan kemudian langsung menuju lokasi kebakaran

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
PADAM - Petugas Damkar Kabupaten Belu berusaha memadamkan kebakaran hutan atau lahan kosong di dekat gedung sekolah SMAN 2 Tasifeto Barat, Jumat 9 September 2022. 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA - Aparat Polsek Tasifeto Barat bersama petugas pemadam kebakaran atau Damkar Kabupaten Belu berhasil memadamkan kebakaran hutan atau lahan kosong di Dusun Batu Merah, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Jumat 9 September 2022.

Peristiwa kebakaran yang belum diketahui secara pasti penyebabnya ini, nyaris melumat gedung sekolah SMAN 2 Tasifeto Barat yang berada persis di belakang lahan kosong yang tengah terbakar tersebut.

Sementara Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim mengungkapkan, peristiwa kebakaran tersebut dilaporkan pertama kali oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Tasbar, Vincentius Fernandez, S.Pd.

Baca juga: Berita Belu: Kampus Universitas Pertahanan RI di Belu Diresmikan Presiden Jokowi

"Kejadiannya pagi tadi sekitar pukul 10.00 Wita. Usai mendapat telepon dari kepala sekolah SMAN 2, kami langsung menghubungi petugas Damkar Belu dan kemudian langsung menuju lokasi kebakaran", terang Ipda Sam.

Lanjut Kapolsek, saat tiba di lokasi kebakaran, terlihat api sudah membesar dan menyebar. Sambil menunggu petugas Damkar tiba, Kapolsek bersama anggota mengambil air di pemukiman warga dan daun-daun di sekitar untuk memadamkan api.

Beberapa saat kemudian, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan petugas langsung memadamkan api dari arah belakang gedung sekolah sehingga api tidak merambat ke gedung sekolah. 

"Kami saat itu fokus untuk memadamkan api agar tidak meluas sampai gedung sekolah. Alhamdulillah selang beberapa jam usaha kami bersama petugas Damkar membuahkan hasil dimana api berhasil dipadamkan"
Mantan Kaur Bin Ops Satres Narkoba Polres Nagakeo ini

Menurut Kapolsek, beruntung kejadian tersebut cepat diinformasikan oleh kepala sekolah sehingga polisi dan petugas damkar bergerak cepat memadamkan api. Bila terlambat penanganan, api bisa saja melalap gedung sekolah yang hanya berjarak 3 meter dari titik api. 

Baca juga: BBM Naik Dinas Perhubungan Kabupaten Belu Segera Penyesuaian Tarif Angkutan Umum, Ini Besarannya

Terkait dengan peristiwa kebakaran tersebut, Kapolsek Tasifeto Barat mengajak peran aktif pemerintah serta Bhabinkamtibmas untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan (karhutla).

Selain itu, dirinya mengimbau masyarakat agar melapor ke pihak kepolisian bilamana menemukan warga yang sengaja membakar hutan ataupun membuka lahan dengan cara membakar.

Kepala Sekolah SMAN 2 Tasbar, Vincentius Fernandez, S.Pd berterima kasih kepada polisi dan petugas Damkar yang berhasil memadamkan kebakaran dekat sekolahnya. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS 
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved