Berita Belu Hari Ini

Berita Belu: Kampus Universitas Pertahanan RI di Belu Diresmikan Presiden Jokowi

Kampus Politeknik Universitas Pertahanan  (Unhan) RI di Kabupaten Belu, Provinsi NTT akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis 24 Maret 2022.

Editor: Ferry Ndoen

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA - Kampus Politeknik Universitas Pertahanan  (Unhan) RI di Kabupaten Belu, Provinsi NTT akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis 24 Maret 2022.

Hal ini disampaikan Rektor Unhan RI, Laksdya TNI Prof.Dr.Ir. Amarulla Octavian, DESD, M.Eng Asean kepada wartawan saat ditemui di sela-sela persiapan di Kampus Unhan, Selasa 22 Maret 2022.

Rektor didampingi Dekan Fakultas Brigjen TNI DR. Agus Winarna, SIP, M.Si, M. Tr. (Han) mengetakan, agenda kunjungan presiden Joko Widodo di Unhan hanya untuk meresmikan kampus. 

Dalam rangka itu, Unhan yang merupakan bagian dari militer sudah lakukan berbagai persiapan. 

Baca juga: Pihak Unhan RI di Belu Lakukan Persiapan Jelang Kunjungan Presiden Jokowi

"Status kami adalah militer jadi persiapan kami pun militer mulai dari pengamanan, ketertiban acara, 

kelengkapan upacara dan persiapan gladi gladi atau latihan latihan. Ini penting untuk mengantisipasi segala kemungkinan", katanya. 

Lanjut Rektor, saat ini Unhan RI sudah memiliki tiga kampus yaitu, kampus pertama di Sentul, Jawa Barat, kemudian di Salemba Jakarta dan di Belu, NTT. 

Kampus Unhan RI di Belu merupakan kampus ketiga yang paling jauh dan letaknya di wilayah perbatasan. 

Sebagai Rektor, Octavian merasa senang dan bangga karena kampus ini diresmikan presiden.

"Sayang senang sekali. Saya sangat bangga, apalagi di NTT sini. Ini kan bukan pekerjaan yang mudah bagaimana menyiapkan segalanya di daerah perbatasan. Ini pembelajaran kami juga karena kesempatan-kesempatan seperti sangat bermanfaat bagi kami. Ini kampus yang cukup jauh. Sekarang  Unhan sudah tiga kampus. Pertama di Sentul, kedua Salemba di Jakarta dan ini kampus satelit ke tiga yang ada di Belu", jelasnya. 

Rektor Unhan mengharapkan masyarakat Kabupaten Belu mesti merasa bangga dengan kehadiran Unhan dan jadikan Unhan sebagai ikon untuk kemajuan di Kabupaten Belu sebagai wilayah perbatasan. Kemudian, masyarakat benar-benar kompak dan mendukung program-program yang diselenggarakan Unhan. 

"Harapannya, masyarakat disini bangga dan bisa jadikan ini ikon untuk kemajuan wilayah perbatasan. Masyarakat sendiri harus betul-betul kompak dan mendukung program di kampus. Karena kita bercita-cita, kampus Pertahanan ini bukan hanya terkenal di Indonesia tetapi di dunia", ujarnya. 

Rektor menambahkan, pendirian politeknik di wilayah perbatasan diinisiasi Menhan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subiyanto. Unhan RI secara teknis fungsional berada di bawah pembinaan Kemhan RI dan secara teknis akademik di bawah pembinaan Kemendikbud Ristek. 

Pemilihan wilayah perbatasan erat kaitannya dengan keinginan Menhan RI dalam rangka Kemhan RI ikut melakukan pemberdayaan wilayah perbatasan melalui operasional lembaga pendidikan. Pemilihan wilayah juga sebagai wujud penghargaan Menhan RI kepada masyarakat NTT, terutama bagi pejuang integrasi yang telah menunjukkan kesetiaannya kepada NKRI saat Timor Timor melepaskan diri sebagai bagian dari Indonesia. (jen). 
 

Kampus Politeknik Universitas Pertahanan  (Unhan) RI di Kabupaten Belu, Provinsi NTT akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis 24 Maret 2022.
Kampus Politeknik Universitas Pertahanan (Unhan) RI di Kabupaten Belu, Provinsi NTT akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis 24 Maret 2022. (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved