Berita Kota Kupang

Ratusan Orang Ikuti Bhakti Kesehatan di Lantamal VII Kupang

Khusus untuk donor darah dan Khitanan masal khusus dilaksanakan di atas geladak kapal KRI

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
BHAKTI KESEHATAN - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Laksmana Pertama (Laksma) TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono, S.E., M.M., M.Tr.Op. la., CHRMP., CIQnR., CIQaR., CRMP, saat melihat pelaksanaan Bhakti sosial kesehatan masyarakat di Lantamal VII Kupang. Selasa 6 September 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 tahun TNI Angkatan Laut (AL) pada 11 September 2022 mendatang, berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan acara tersebut. 

Di Pangkalan utama TNI AL VII Kupang, ragam kegiatan dilaksanakan. Salah satunya yaitu Bhakti kesehatan masyarakat. Ratusan orang mengikuti kegiatan itu, Selasa 6 September 2022 di Dermaga Lantamal VII Kupang

Pada kegiatan Bhakti kesehatan masyarakat ini terdiri dari donor darah, Khitanan dan pembersihan gigi gratis. Menariknya, kegiatan itu berlangsung di atas kapal KRI Escolar. 

Baca juga: Lantamal VII Kupang Gelar Komunikasi Sosial Maritim, Ini Tujuannya

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Laksmana Pertama (Laksma) TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono, S.E., M.M., M.Tr.Op. la., CHRMP., CIQnR., CIQaR., CRMP., menjelaskan, kegiatan itu diikuti oleh semua pihak terkait dari AL di seluruh Indonesia secara serentak. 

"Khusus untuk donor darah dan Khitanan masal khusus dilaksanakan di atas geladak kapal KRI," sebutnya. 

Yudho Warsono menyebut kegiatan ini dalam rangka HUT TNI AL. Selain itu, tujuan lainnya yakni sebagai ajang untuk memecahkan rekor MURI mengenai donor darah di atas kapal secara serentak. Di Lantamal VII Kupang, sebanyak 200 peserta mengikuti donor darah, Khitanan masal 65 orang dan pembersihan karang gigi ada 51 orang. 

Sedangkan untuk pembersihan karang gigi, dilaksanakan di rumah sakit angkatan laut (RSAL), karena di KRI tidak memiliki instalasi pembersihan karang gigi. Khitanan sendiri diperuntukkan bagi masyarakat disekitar pangkalan utama TNI AL VII Kupang yang membutuhkan. 

"Tadi saya lihat ada anak-anak, ada yang belum sekolah dan ada yang remaja. Jadi rupanya anak-anak terutama remaja mulai sadar dengan kesehatan walaupun dia sudah agak dewasa tapi dia partisipasi," kata Danlantamal Yudho Warsono. 

Baca juga: Danlantamal VII Kupang Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga  HUT TNI AL ke-76

Ia mengatakan, berbagai kegiatan itu diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat dan pemerintah. TNI AL, kata dia, ingin terus berada ditengah-tengah masyarakat. Bhakti sosial, baginya rutin digelar oleh Lantamal VII Kupang

"Biar tidak HUT juga Bhakti sosial ini selalu kita laksanakan. Hampir tiap bulan. Baik di Kota maupun di daerah. Karena saya rasa ini yang paling dibutuhkan oleh masyarakat," kata Yudho lagi. 

Lantamal VII Kupang sendiri, menurutnya rutin menggelar pengobatan diberbagai wilayah di NTT.

Bahkan, pihaknya juga memberikan pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil hingga operasi katarak di beberapa daerah kepulauan. 

"Dengan kita merayakan HUT TNI AL ini, kita menunjukkan bahwa TNI AL ada. Kita siap untuk membantu masyarakat dan siap untuk melaksanakan pengamanan lingkungan laut serta masyarakat sekitar khususnya di Kupang ini," jelasnya.

Baca juga: Warga Marapokot Dapat Bantuan Sembako dan Masker dari TNI Angkatan Laut

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved