Berita Politani

Gelar Pengabdian Masyarakat, Politani Kupang Desain Kandang Untuk Penggemukan Sapi 

Politeknik Pertanian Negeri Kupang atau Politani menggelar pengabdian masyarakat di desa Raknamo Kabupaten Kupang, Sabtu 3 September 2022. Selain

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
PEMBUATAN KANDANG - Dosen dan mahasiswa di Politani Kupang saat menggelar pengabdian masyarakat di kelompok tani Fajar Pagi di Desa Raknamo Kabupaten Kupang. Sabtu 3 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Politeknik Pertanian Negeri Kupang atau Politani menggelar pengabdian masyarakat di desa Raknamo Kabupaten Kupang, Sabtu 3 September 2022. Selain melakukan penyuluhan, dosen dan mahasiswa dari Politani juga membuat kandangan penggemukan ternak sapi. 

Salah satu dosen Politeknik Pertanian Negeri Kupang Ima Malawati, S.Pt., M.Sc, menjelaskan, tujuan  menggemukkan sapi yaitu untuk menghasilkan ternak potong berkualitas tinggi. Di Timor umumnya sapi Bali jantan yang digemukkan.

 "Ternak diberi pakan yang baik, dirawat dengan baik, pertumbuhannya cepat dan  gemuk. Sewaktu dijual mempunyai bobot badan tinggi  dan memberikan keuntungan ekonomi kepada peternak," jelasnya, Senin 5 September 2022. 

Menurutnya, sapi jantan penggemukkan sebaiknya ditempatkan di dalam kandang individu agar ternak lebih mudah ditangani, pergerakannya sedikit dan ternak tidak saling berkelahi.  

Adanya kandang, walaupun sederhana, maka lebih gampang mengumpulkan feses sapi untuk diolah menjadi kompos atau bokashi. Pupuk organik ini bisa untuk memupuk tanaman makanan ternak, tanaman hortikultura, dan palawija.

Dalam membuat kandang penggemukkan, dalam usaha skala kecil, maka model dan ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang tersedia. Untuk penggemukkan skala kecil, disarankan cukup membuat kandang yang sederhana. Bahan-bahannya sebagian besar tersedia di kolasi peternakan dan biayanya murah.

Ima menjabarkan, umumnya ternak sapi dapat dijual pada bobot badan 225-250 kg, dengan waktu penggemukkan sekitar 4-6 bulan. Sisi lain, pssisi tempat pakan yang agak tinggi dari lantai kandang memberikan kenyamanan kepada ternak saat makan dan berdiri di dalam kandang. 

Ima kembali menjelaskan, ternak yang terikat, posisi ikatan pada tiang atau rel kandang yang sejajar dengan tempat pakan membuat ternak dapat menaikkan kepalanya pada posisi normal saat berdiri. Tidak tertahan oleh tali jika ikatannya terlalu rendah.

Dia menyebut, Kandang yang dibangun di kelompok tani Fajar Pagi itu, berbentuk sederhana dan hanya ada satu deret kandang dan dibagi menjadi beberapa petak individu sesuai dengan jumlah ternak yang dipelihara.

Adapun bahan yang dibutuhkan, tiang kandang dari kayu bulat, rel dan batas petak dari kayu bulat dan rangka atap bisa kombinasi usuk, kayu bulat dan rgani. Ada juga atap daun gewang, daun kepala atau seng bekas.

Untuk lantai, kata Ina, dibuat dari semen agar kuat dan tidak becek dan mudah dibersihkan. Lantai dibuat kasar atau tidak licin dengan kemiringan bagian belakang 2-5 persen atau 2-5 cm per meter ukuran kandang.

Syarat pembuatan kandang perlu juga memperhatikan hal seperti lokasi yang tidak tergenang air dan tidak tinggi. Kandang harus dekat dengan sumber pakan dan disarankan agar dekat tempat tinggal peternak untuk memudahkan pengawasan. 

Dalam desain kandang minimalis, ujar Ima, kandang tunggal menghadap ke timur, membujur timur-barat. Dengan posisi kandang seperti ini ternak cukup memperoleh cahaya matahari, terutama sinar matahari pagi yang berguna untuk kesehatannya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved