Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Sabtu 3 September 2022, Manusia Mesti Tetap Jadi Tuan atas Hari Sabat

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Manusia Mesti Tetap Jadi Tuan atas Hari Sabat.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RENUNGAN - RP. Markus Tulu SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Sabtu 3 September 2022, dengan judul Manusia Mesti Tetap Jadi Tuan atas Hari Sabat. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Manusia Mesti Tetap Jadi Tuan atas Hari Sabat.

RP. Markus Tulu menulis Renungan Harian Katolik ini merujuk 1Korintus 4:6b-15, dan bacaan Injil Lukas 6:1-5, Peringatan Santo Gregorius Agung, Paus dan Pujangga Gereja.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan teks lengkap bacaan Sabtu 3 September 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Jumat 2 September 2022, Berpuasa untuk Tetap Menemukan Kehendak Tuhan

Pada Peringatan Santo Gregorius Agung, Paus dan Pujangga Gereja, kita diminta untuk merenung kata-kata Paulus rasul, "Jangan ada di antara kalian yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu lebih dari yang lain.

Sebaliknya, Paulus menegaskan untuk kita berlaku sabar dan bijaksana. Yakni jika kamu dimaki-maki kamu memberkati; jika kamu dianiaya kamu sabar; jika kamu difitnah kamu tetap menjawab dengan ramah.

Tapi perlu kita akui juga bahwa pesan suci ini tidak secara sangat otomatis menjadi bebas dari konflik kepentingan.

Berhadapan dengan situasi konflik misalnya kita bisa saja ditegur bahkan dikecam oleh Tuhan.

Hal yang penting dipahami adalah teguran dan kecaman sekalipun dari Tuhan sesungguhnya tidak lebih dari tanda bahwa betapa Tuhan peduli dan mengasihi kita.

Kesaksian yang Paulus berikan itu tidak untuk mempermalukan dan menghina. Tapi mendidik kita kaum beriman untuk hidup dengan sikap sabar dan bijak.

Itulah tanda kematangan iman kita. Kita tidak bisa mengutamakan yang satu dan mengabaikan yang lain.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 1 September 2022, Terbuka terhadap Perintah Allah Membawa Kelimpahan

Semua hal dalam hidup bersama kita mesti kita hadapi dengan bijaksana. Tidak bisa kita hanya menekankan aturan terus mengabaikan perhatian dan kasih yang menyelamatkan sesama.

Hukum atau aturan hari sabat sekalipun bisa saja dilanggar oleh alasan kasih yang membebaskan dan menyelamatkan.

"Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud ketika ia dan para pengikutnya lapar? Ia masuk ke dalam rumah Allah dan mengambil roti sajian. Roti itu dimakannya dan diberikannya kepada pengikutnya. Padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh para imam."

Di sinilah kebijaksanaan Daud yang mesti kita teladani. Menyelamatkan situasi dan membebaskan orang banyak dari rasa lapar.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved