Timor Leste

Tatkala Xanana Gusmao Bertemu Paus Fransiskus, Ini yang Dibawanya

Mantan Presiden Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao mendapat kesempatan bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Kamis 25 Agustus 2022.

Penulis: Agustinus Sape | Editor: Agustinus Sape
FACEBOOK/VATIKAN NEWS
BERTEMU - Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao terlibat pembicaraan dengan Paus Fransiskus saat bertemu di Vatikan, Kamis 25 Agustus 2022. 

POS-KUPANG.COM, VATIKAN - Mantan Presiden dan mantan perdana menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao mendapat kesempatan bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Kamis 25 Agustus 2022.

Pertemuan Xanana Gusmao dengan Paus Fransiskus terjadi dua hari sebelum pelantikan 20 Kardinal baru, Sabtu 27 Agustus 2022, yang mana salah seorang di antaranya Mgr. Virgilio do Carmo da Silva dari Timor Leste.

Dari foto-foto yang dibagikan akun Facebook Vatican News, pertemuan antara Xanana Gusmao dan Paus Fransiskus berlangsung hangat dan ekspresif.

Xanana Gusmao jabat tangan Paus Fransiskus_03
JABAT TANGAN - Xanana Gusmao berjabat tangan dengan Paus Fransiskus saat bertemu di Vatikan, Kamis 25 Agustus 2022. Xanana Gusmao ke Vatikan bersama rombongan Timor Leste untuk menghadiri pengukuhan 20 Kardinal baru termasuk Kardinal Timor Leste

Terlihat Xanana Gusmao berjabat tangan dengan Paus Fransiskus dengan leher agak miring dan mata terpejam, telapak tangan kirinya diletakkan di dada.

Foto lainnya memperlihatkan Xanana Gusmao sedang duduk berhadap-hadapan dengan Paus Fransiskus di sebuah ruang mewah. Paus Fransiskus tampak memperhatikan Xanana Gusmao dengan senyum cerah.

Ruangan dan kursi yang sama Presiden Amerika Serikat Joe Biden terlihat bertemu Paus Fransiskus tahun lalu.

Xanana Gusmao dan Paus Fransiskus terlibat pembicaraan serius. Merujuk berita Tatoli sebelumnya, Xanana Gusmao, utusan khusus Presiden Republik Jose Ramos Horta, akan bertemu dengan Paus Fransiskus untuk membahas Dokumen Persaudaraan Manusia dan Koeksistensi (Document on Human Fraternity and Coexistence) di Vatikan.

Sejauh ini Document on Human Fraternity and Coexistence telah ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azahar Ahmad al-Tayyib, pada 9 Februari 2019, di Abu Dhabi.

Dokumen ini diadopsi oleh Timor Leste di bawah kepemimpinan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta.

Baca juga: Kardinal Pertama Timor Leste Dikukuhkan Oleh Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus Vatikan

Foto lainnya memperlihatkan Xanana Gusmao dengan cenderamata yang hendak diberikannya kepada Paus Fransiskus. Paus Fransiskus terlihat senyum cerah menerima kenang-kenangan dari Xanana Gusmao.

Xanana Gusmao dan cendera mata untuk Paus Fransiskus_013
CENDERAMATA - Xanana Gusmao dan cenderamata yang diberikannya kepada Paus Fransiskus di Vatikan Kamis 25 Agustus 2022. Xanana Gusmao bersama rombongan ke Vatikan untuk menghadiri pelantikan 20 Kardinal baru termasuk Kardinal Timor Leste.

Dari foto-foto tersebut, terlihat Xanana Gusmao tidak sendirian bertemu Paus Fransiskus. Sejumlah pria dan wanita juga menemani Xanana Gusmao. Mereka pun terlihat menemani Xanana Gusmao saat foto bersama Paus Fransiskus.

Mereka semua kompak mengenakan pakaian berwarna hitam, kontras dengan Paus Fransiskus yang mengenakan jubah putih gading. Bahkan kaum perempuannya juga mengenakan kerudung hitam di kepala.

Xanana Gusmao dan utusan dari Dili foto bersama Paus fRansiskus_004
FOTO BERSAMA - Xanana Gusmao dan utusan Timor Leste foto bersama Paus Fransiskus saat bertemu di Vatikan, Kamis 25 Agustus 2022. Xanana Gusmao dan rombongan ke Vatikan untuk menghadiri pelantikan 20 Kardinal baru termasuk Kardinal Timor Leste.

Xanana berangkat dari Dili menuju Roma Italia pada tanggal 19 Agustus 2022 bersama sejumlah utusan Timor Leste untuk menghadiri pengukuhan Uskup Agung Dili Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, sebagai Kardinal baru dan pertama untuk Timor Leste.

Pertemuan Xanana Gusmao dengan Paus Fransiskus terjadi dua puluh tahun setelah Timor Leste yang mayoritas Katolik  memperoleh kemerdekaan dari Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved