Timor Leste

Kardinal Pertama Timor Leste Dikukuhkan Oleh Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus Vatikan

Salah satu Kardinal baru yang dikukuhkan adalah Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, Uskup Agung Dili, Kardinal pertama dalam Gereja Katolik Timor Leste.

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE/SHALOM WORLD
TOPI MERAH - Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, Uskup Agung Dili (kiri), saat menerima topi merah (topi khas para kardinal) dari Paus Fransiskus pada upacara pengukuhannya sebagai kardinal di Basilika Santo Petrus Vatikan, Sabtu 27 Agustus 2022. Ada 20 kardinal baru yang dikukuhkan pada kesempatan tersebut, termasuk Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, sebagai kardinal pertama untuk Timor Leste. 

POS-KUPANG.COM, VATIKAN - Sebanyak 20 Kardinal baru dalam Gereja Katolik dilantik dan dikukuhkan oleh Paus Fransiskus dalam suatu perayaan Misa di Basilika Santo Petrus Vatikan, Sabtu 27 Agustus 2022 waktu Vatikan. Pengenaan topi merah dari Paus Fransiskus menjadi salah satu tanda dari upacara pengukuhan.

Salah satu Kardinal baru yang dikukuhkan adalah Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, Uskup Agung Dili, Kardinal pertama dalam sejarah Gereja Katolik Timor Leste yang diangkat oleh Takhta Suci Vatikan.

Dari video yang disiarkan secara langsung dari Basilika Santo Petrus oleh akun YouTube Shalom World, Mgr. Virgilio do Carmo da Silva terlihat duduk di deretan paling depan dalam Misa pengukuhan tersebut.

Seperti dilansir laman vaticannews.va, anggota lama dan baru Kolese Kardinal dari setiap penjuru dunia berkumpul di Roma pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022, untuk Konsistori kedelapan Paus Fransiskus, di mana ia mengangkat 20 kardinal baru, 16 di antaranya berusia di bawah 80 tahun, dengan demikian para pemilih dalam Konklaf mendatang, dan empat non-pemilih, di atas usia 80 tahun.

Perayaan itu menandai Konsistori universal, dengan para pemimpin Gereja dari lima benua. Ini juga akan menjadi Konsistori "campuran" dengan penciptaan 20 kardinal baru, yang tidak lama kemudian memberikan suara tentang penyebab kanonisasi dua Beato.

Baca juga: Wawancara Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, Kardinal Pertama Timor Leste yang Dilantik Besok

Konsistori berlangsung pada akhir Agustus, yang biasanya merupakan periode tenang, dan mencakup perayaan-perayaan lainnya selama dua hari dan minggu depan dengan refleksi dan pertemuan studi mendalam tentang Praedikat Evangelium, Konstitusi Apostolik yang mereformasi Kuria Romawi.

Ritus penciptaan Kardinal baru

Ritus di mana Paus Fransiskus akan menempatkan biretta merah (topi merah) pada para Kardinal baru, memberi mereka cincin, dan menetapkan gelar dan pangkat mereka pada pukul 4 sore di Basilika Santo Petrus Vatikan.

Ini dimulai dengan nyanyian "Tu es Petrus" dan kata-kata syukur kepada Bapa Suci oleh Kardinal pertama dalam daftar. Paus mengucapkan formula penciptaan kardinal baru, yang menjanjikan kesetiaan dan kepatuhan mereka kepada Paus dan penerusnya "bahkan sampai pencurahan darah."

Satu persatu mereka mendekati kursi Paus untuk menerima di lutut mereka simbol kardinal: kopiah merah, biretta, cincin, banteng yang menetapkan gelar dan pangkat.

Masing-masing menerima pelukan damai dari Paus Fransiskus, sebuah isyarat yang diulang segera sesudahnya oleh Kardinal Dekan, Kardinal Imam senior dan Kardinal Diakon senior, yang mewakili seluruh Kolese Kardinal.

kardinal Timor leste_013
KARDINAL TIMOR LESTE - Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, Uskup Agung Dili (kedua kanan), pada upacara pengukuhannya sebagai kardinal Timor Leste di Basilika Santo Petrus Vatikan, Sabtu 27 Agustus 2022. Ada 20 kardinal baru yang dikukuhkan Paus Fransiskus pada kesempatan tersebut.

Berikan suara pada kanonisasi

Ritus penciptaan hari Sabtu akan diikuti oleh Konsistori Publik Biasa untuk pemungutan suara mengenai kanonisasi Beato Giovanni Battista Scalabrini, Uskup Piacenza, pendiri Kongregasi Misionaris St. Charles dan Kongregasi Suster-suster Misionaris St. Carolus Borromeus, lebih dikenal sebagai Scalabrinians, dan Artemide Zatti, seorang Salesian yang mengaku awam.

Kardinal Marcello Semeraro, Prefek Dicastery for the Causes of Saints, membaca Peroratio dan secara singkat menyajikan biografi para Beato. Paus kemudian memberikan hasil pemungutan suara dan menyebutkan hari untuk kanonisasi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved