Politani Negeri Kupang

Makan Pecel Lele Tak Perlu Ke Kota, Singgah Saja ke Kelompok Tani Suka Maju di Raknamo

Kegiatan Pengabdian dosen dan mahasiswa dari Prodi Agri Bisnis Perikanan Fakultas Perikanan Kelautan Politani Negeri Kupang mendapat respon positif

POS KUPANG/NOVEMY LEO
POLITANI - Dosen dan mahasiswa Prodi Agri Bisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Politani Negeri Kupang dalam kegiatan pengabdian di Kelompok Tani (KT) Suka Maju, di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -  Kegiatan Pengabdian dosen dan mahasiswa dari Prodi Agri Bisnis Perikanan Jurusan Perikanan dan Kelautan Politani Negeri Kupang mendapat respon positif dari Kelompok Tani (KT) Suka Maju, di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

Sabtu (27/8), di tengah langit yang biru dan sedikit berawan, sejumlah dosen dan belasan mahasiswa semester 5 Prodi Agribsnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Keluatan Politani Negeri Kupang melakukan kegiatan Penerapan Iptek Masyarakat (PIM).

Kegiatan pengabdian berupa pengembangan kolam pemancingan ikan ditujukan untuk KT Suka Maju di Desa Raknamo. Tujuannya, untuk mendayagunakan potensi desa berupa budidaya ikan Nila dan Lele. Mereka disambut hangat oleh belasan petani disana.

Pada saat itu, Alexander S. Talody, Ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan Politani Negeri Kupang membuka kegiatan tersebut dengan menjelaskan tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kami sudah melakukan pengabdian di sini dengan 14 program studi (prodi) dan ini adalah prodi ke sembilan. Pengabdian ini termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terdiri dari pengajaran saat di kampus, penelitian dosen, dan pengabdian kepada masyarakat," jelas Alexander, pria berpostur tinggi tersebut.

DOSEN - Kegiatan Pengabdian dosen dan mahasiswa dari Prodi Agri Bisnis Perikanan Jurusan Perikanan dan Kelautan Politani Negeri Kupang di Kelompok Tani (KT) Suka Maju, di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Sabtu (27/8).
DOSEN - Alexander S. Talody, Ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan Politeknik Negeri Kupang dalam kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa di Kelompok Tani (KT) Suka Maju, di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Sabtu (27/8). (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Kegiatan pengabdian ini fokus ke satu tempat, yaitu Kampung Baru Terbit di Desa Raknamo.

"Kami membuat disini karena melihat peluang bisnis perikanan. Air tawar mudah diperoleh di sini, sehingga cocok untuk melakukan bisnis perikanan air tawar. Semua terintegras jadi satu, air limbah ikan bisa pakai siram sayur, sayur subur tidak harus kasih pupuk dari kotoran sapi tapi juga air limbah dari kolam ikan," jelas Alexander.

Karena itu Prodi Agri Bisnis hadir untuk membantu mengidentifikasi potensi itu. "Belum lama ini kadis perikanan mengatakan, Pemkab Kupang akan fokus pada pengembangan wisata terpadu di Bendungan Raknamo," kata Alexander mengingatkan.

Alexander menambahkan, selama ini wisatawan yang berkunjung ke Bendungan Raknamo kesulitan untuk mendapatkan kuliner disana. Kondisi itu mestinya bisa menjadi peluang usaha bagi KT Suka Maju karena wisatawan akan melewati Desa Raknamo.

"Bapak-bapak bisa olah kolam ikan dan kolam pancing, sedangkan mama-mama bisa berjualan Pecel Lele di depan rumah. Untuk siapa? Untuk semua orang yang ingin berwista di Bandungan Raknamo. Karena bisa jadi wisatawan ingin makan, bawa pulang atau ingin mancing. Ini adalah peluang bisnis yang mesti ditangkap. Mau makan Pecel Lele, tidak usah ke kota lagi," kata Alexander.

Ida Ayu Lochana Dewi, Ketua Prodi Agribisnis Perikanan, menjelaskan budidaya ikan melalui teknologi bioflok dan sistem boster.

"Kita membuat orang-orang tertarik dengan pariwisata baru ini terutama untuk memanfaatkan embung atau sumber air tampungan yang ada. Dengan kegiatan ini, kita menjadi semakin tahu pentingnya pariwisata. Ini merupakan satu cara membuat pasar yang berbeda," ungkapnya.

RAKNAMO - Locana Dewi dalam kegiatan Pengabdian dosen dan mahasiswa dari Prodi Agri Bisnis Perikanan Jurusan Perikanan dan Kelautan Politani Negeri Kupang di Kelompok Tani (KT) Suka Maju, di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Sabtu (27/8).
RAKNAMO -

Ida Ayu Lochana Dewi, Ketua Prodi Agribisnis Perikanan, dalam kegiatan Pengabdian dosen dan mahasiswa dari Prodi Agri Bisnis Perikanan Jurusan Perikanan dan Kelautan Politani Negeri Kupang di Kelompok Tani (KT) Suka Maju, di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Sabtu (27/8). (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Naharuddin Sri berharap bisnis perikanan dan kolam pancing ikan KT Suka Maju akan berkembang menjadi wisata baru dan diminati wisatawan yang hendak ke Bendungan Ranamo.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved