Berita Nagekeo

Bupati Nagekeo Serahkan 25 Ekor Kambing untuk Kelompok Solidaritas di Kelurahan Nangaroro

Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar dibawah Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak, Direktorat Jenderal Pet

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.C.COM/TOMMY MBENU NULANGI/
Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat menyerahkan 25 ekor kambing kepada kelompok Solidaritas Nangaroro, Rabu 24 Agustus 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE - Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar dibawah Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian mempunyai tugas pokok melaksanakan pemeliharaan, produksi, pemuliaan, pelestarian, pengembangan, penyebaran, dan distribusi produksi bibit ternak sapi bali unggul serta produksi dan distribusi benih/bibit hijauan pakan ternak.

Sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan Nomor 0124/Kpts/Pk.010/F/01/2022 tentang Petunjuk Teknis Kegiatan Penyediaan Benih dan Bibit Serta Peningkatan Produksi Ternak Dan Penggembangan Ternak Ruminansia Potong Tahun Anggaran 2022, dimana salah satu kegiatannya adalah pengembangan ternak ruminansia potong (kambing) di Kabupaten Nagekeo, maka pelaksanaan pendistribusiannya bisa terlaksana dengan baik. Semua biaya pada kegiatan tersebut dibebankan pada Anggaran DIPA BPTU-HPT Denpasar Tahun Anggaran 2022.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo Klementina Dawo saat penyerahan bantuan ternak kambing di Kelompok Solidaritas, Kelurahan Nangaroro, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, Rabu 24 Agustus 2022.

Menurutnya, pendistribusian ternak ini sejalan dengan program dan kegiatan di Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo. Program dan kegiatan dimaksud yakni program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian, kegiatan penyediaan benih/bibit ternak dan hijauan pakan ternak yang sumbernya dalam 1 (satu) daerah kabupaten/kota Lain, sub kegiatan pengadaan benih/bibit ternak yang sumbernya dari daerah kabupaten/kota lain.

Dijelaskannya, semua biaya pada kegiatan tersebut dibebankan pada anggaran DIPA BPTU-HPT Denpasar tahun anggaran 2022.

Untuk Kabupaten Nagekeo, pelaksanaan distribusi bantuan ternak kambing dibagikan pada Kelompok Tani Solidaritas yang beranggotakan 16 Orang yang berlokasi di Kelurahan Nangaroro, Kecamatan Nangaroro.

"Jumlah ternak kambing yang di distribusikan sebanyak 25 ekor dengan rincian 2 ekor kambing jantan dan 23 ekor kambing betina. Semua ternak yang didistribusikan dalam kondisi sehat dan sesuai spesifikasi yang dibuktikan dengan pengukuran langsung terhadap tinggi badan dan umur ternak kambing oleh tim BPTU-HPT Denpasar dan Tim Dinas Peternakan di lokasi pendistribusian," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do berkesempatan menyerahkan langsung bantuan ternak kambing kepada Anggota Kelompok Solidaritas sebagai penerima bantuan tersebut.

Bupati Don berharap masyarakat khususnya kelompok penerima manfaat melakukan penanaman hijauan pakan ternak dengan membuat kebun pakan yang ditanami dengan rumput dan leguminosa.

"Ternak dikandangkan untuk memudahkan manajemen pemeliharaan ternak, serta manajemen pemberian pakan yang baik sehingga mendukung aspek reproduksi agar ternak cepat bunting. Bagi Dinas Peternakan untuk secepatnya melaksanakan latihan pengolahan pakan ternak khususnya pakan konsentrat," harapnya.

Sedangkan Aji Abiyoga dari Pengawas  Bibit Ternak Balai Perbibitan Ternak Unggul Denpasar BPTU- HPT Denpasar mengatakan bantuan ini merupakan bantuan perdana bagi masyarakat di Kabupaten Nagekeo dengan tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dibidang peternakan. Masyarakat bisa mengembangkan ternaknya yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Menurutnya  ternak yang ada di Nagekeo sudah bagus dari segi  jumlahnya sangat istimewa tinggal peningkatan kualitasnya saja.

"Ketersediaan pakan di Nagekeo saya yakin cukup, mungkin ada penambahan-penambahan hijauan pakan ternak untuk penambahan hewan ternak kedepannya. Kami minta tetap adanya kerjasama dari Dinas Peternakan dengan terus melakukan pendampingan ke kelompok ini," harapnya.

Marius Ta'a Sekretaris Kelompok Solidaritas mewakili anggota kelompok menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar dan Pemerintah Kabupaten Nagekeo atas bantuan hibah yang telah diperoleh.

"Mewakili anggota kelompok, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak kepada Tim Balai Pembibitan Ternak dari Bali yang telah bantu kami ternak. Terima kasih juga kepada Pemda melalui Dinas Peternakan yang telah mendampingi kami kurang lebih 2 tahun sehingga bantuan ternak dari pusat bisa kami terima. Untuk pemeliharaan nanti terpusat di satu titik (satu kandang) dengan sistem pemberian pakannya diatur bergilir sesuai jadwal," ungkapnya. (tom)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat menyerahkan 25 ekor kambing kepada kelompok Solidaritas Nangaroro, Rabu 24 Agustus 2022. 
Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat menyerahkan 25 ekor kambing kepada kelompok Solidaritas Nangaroro, Rabu 24 Agustus 2022.  (POS-KUPANG.C.COM/TOMMY MBENU NULANGI/)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved