Berita Nasional

Tak Kuat Tanggung Beban, Ferdy Sambo Pilih Mundur dari Polisi, Hari Ini Ikuti Sidang Kode Etik

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo memilih mundur dari polisi. Langkah itu diambil Irjen Ferdy Sambo sehari sebelum sidang kode etik.

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
MUNDUR - Irjen Ferdy Sambo akhirnya memilih mundur dari polisi. Pengunduran dirinya itu disampaikan melalui surat kepada Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sehari sebelum menjalani sidang kode etik yang diagendakan berlangsung Kamis 25 Agustus 2022. 

POS-KUPANG.COM - Mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo kini memilih mundur dari polisi. Langkah itu
diambil Irjen Ferdy Sambo sehari sebelum menjalani sidang kode etik.

Sesuai agenda, sidang kode etik terhadap tersangka pembunuh ajudan Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat itu, akan dilaksanakan hari ini, Kamis 25 Agustus 2022.

Menjelang sidang kode etik itulah, Irjen Ferdy Sambo menyatakan memilih mundur dari predikatnya sebagai polisi. Untuk hal ini Irjen Ferdy Sambo juga telah membuat surat tertulis kepada Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Bahkan, surat pengunduran diri tersebut telah diterima oleh Kapolri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Ya, ada suratnya," ujar Kapolri kepada Kompas.com di Gedung DPR RI, Senayan, Rabu 24 Agustus 2022.

Baca juga: Adik Brigadir J Kini Jadi Sorotan, Reza Sudah Bisa Tersenyum Setelah 48 Hari Dirundung Kesedihan

Kapolri menjelaskan, surat pengunduran diri Irjen Ferdy Sambo itu harus diproses terlebih dahulu. Surat itu juga tidak mempemngarughi pelaksanaan sidang kode etik yang berlangsung hari ini, Kamis 25 Agustus 2022.

"Tapi tentunya kan dihitung, apakah itu bisa diproses atau tidak," imbuhnya.

JEJAK DIGITAL - Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam membeberkan fakta bahwa telah ditemukan jejak digital yang berisi perintah menghilangkan barang bukti dari TKP dan foto Brigadir J, saat masih terkapar di TKP pada Jumat 8 Juli 2022.
JEJAK DIGITAL - Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam membeberkan fakta bahwa telah ditemukan jejak digital yang berisi perintah menghilangkan barang bukti dari TKP dan foto Brigadir J, saat masih terkapar di TKP pada Jumat 8 Juli 2022. (Tribunnews.com)

Kabar tentang Irjen Ferdy Sambo memilih mundur dari polisi, kini menjadi bahan pergunjingan publik.

Disebut-sebut bahwa tersangka pembunuhan Brigadir J itu mundur dari polisi, karena dirinya tak kuat menanggung beban yang sedang dihadapinya.

Pasalnya, selain mencabut nyawa Brigadir J, Ferdy Sambo juga menjerat puluhan polisi baik itu yang berpangkat rendah maupun yang telah berpangkat jenderal.

Bahkan dari puluhan polisi tersebut, tak sedikit polisi yang kini sedang menghadapi sidang kode etik.

Para polisi tersebut umumnya terjerat dalam skenario Ferdy Sambo yang berusaha menyelamatkan diri dari tindakan pidana yang telah dilakukan.

Sebelumnya diberitakan, Irjen Ferdy Sambo akan menjalani sidang kode etik. Sidang kode etik tersebut dijadwalkan berlangsung besok (maksudnya hari ini) Kamis 25 Agustus 2022.

Sidang kode etik terhadap Irjen Ferdy Sambo itu akan dipimpin oleh Kepala Badan Intelijen dan Keamanan atau Kabaintelkam Polri, Komjen Ahmad Dofiri.

Baca juga: Kapolri Dapat Dukungan Komisi III DPR RI dalam Penanganan Kasus Pembunuhan Brigadir J

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved