Berita Kota Kupang

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Kupang Beralih Gunakan Televisi Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan bantuan Set Top Box (STB) TV Digital bagi 10 perwakilan keluarga miskin di Kota Kupang

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE
CITY - Pemkot Kupang, dan Stafsus Kemenkominfo berpose bersama warga penerima bantuan Set Top Box (STB) TV Digital di Hotel Aston Kupang, Kamis 18 Agustus 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan bantuan Set Top Box (STB) TV Digital bagi 10 perwakilan keluarga miskin di Kota Kupang, Kamis 18 Agustus 2022.

Penyerahan STB TV Digital tersebut dilaksanakan dalam kegiatan Evaluasi Smart City oleh Pemerintah Kota Kupang di Hotel Aston Kupang.
Dalam kesempatan itu, Staf Khusus Bidang Politik dan Komunikasi Kemenkominfo, Philips Gobang mengatakan fungsi dari Set Top Box ini adalah untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. 

Set Top Box (STB) menjadi salah satu alternatif agar dapat menikmati tayangan TV digital tanpa harus mengganti TV dengan televisi yang lebih modern.
Selain itu, siaran TV digital bukan streaming internet atau televisi berlangganan. 

Philips mengutarakan, Keunggulan TV Digital  berupa kualitas gambar yang lebih jernih dan lebih nyaman dilihat. 
Tidak ada tampilan buram semut seperti TV analog karena mampu menerima siaran TV dalam kondisi bergerak. 

Sedangkan TV analog biasanya akan membuat gambar dengan bayangan pada layar saat menangkap TV bergerak.
TV digital juga mampu mengurangi efek noise lebih baik. Dengan begitu, tak hanya tampilan gambar yang lebih jernih tetapi suara yang dihasilkan TV digital juga lebih baik dan dapat terdengar dengan jelas.

Baca juga: Pemkot Kupang Memasang 5 WiFi di Kampus Institut Agama Kristen Negeri Kupang Bantua Penerangan

TV digital dapat menangkap dan menampung banyak siaran dalam satu paket.

Kemampuan ini didapat dari penggunaan bandwidth pada TV digital yang tidak sebesar TV analog. 
Tidak perlu kuota internet atau biaya yang dikeluarkan untuk bisa menontonnya. 

"Siaran TV Digital bukan streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel," ungkapnya.
Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Kemenkominfo kepada masyarakat di Kota Kupang.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan TV Digital yang menjadi rujukan dari Kemenkominfo dengan keunggulan cenderung lebih murah dan mudah tanpa harus berlangganan seperti televisi berlangganan atau streaming internet. (CR14)

CITY - Pemkot Kupang, dan Stafsus Kemenkominfo berpose bersama warga penerima bantuan Set Top Box (STB) TV Digital di Hotel Aston Kupang, Kamis 18 Agustus 2022.
CITY - Pemkot Kupang, dan Stafsus Kemenkominfo berpose bersama warga penerima bantuan Set Top Box (STB) TV Digital di Hotel Aston Kupang, Kamis 18 Agustus 2022. (POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved