HUT RI ke 77

2.045 WBP di NTT Terima Remisi HUT RI ke-77, Wagub NTT Memberikan Nasihat

Kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan nikmat dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang wajib disyukuri bersama.

Penulis: Ray Rebon | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
REMISI - Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, saat memberikan remisi simbolis kepada WBP di Lapas Kelas IIA Kupang, Rabu 17 Agustus 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG-- Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-77, Pemerintah melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM atau Kanwil Kemenkumham NTT memberikan Remisi kepada 2.045 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilingkungan Kanwil Kemenkumham NTT.

Penyerahan remisi itu diberikan secara simbolis oleh Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) NTT, Marciana Dominika Jone, yang berpusat di Lapas Kelas IIA Kupang, Rabu 17 Agustus 2022.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut unsur Forkopimda NTT, Kabupaten dan Kota.

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, mengatakan bahwa dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77, Kemenkumham memberikan remisi dilingkungan Kemenkumham NTT.

"Tujuan remisi adalah memberikan hak kepada narapidana dan sebagai rangsangan agar narapidana bersedia menjalani pembinaan untuk merubah perilaku sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan," katanya

Dikatakan di tahun 2022 sebanyak 2.045 narapidana yang berada pada 18 unit Pemasyarakatan dilingkungan Kemenkumham NTT mendapatkan remisi.

Sebanyak 2.025 orang memperoleh Remisi Umum I dengan jumlah narapidana yang mendapatkan Remisi II atau langsung bebas sebanyak 20 orang.

Ia merinci,  remisi umum I, remisi 1 bulan sebanyak 434 orang, 2 bulan sebanyak 300 orang, 3 bulan sebanyak 432 orang, 4 bulan sebanyak 354 orang, 5 bulan sebanyak 388 orang,  6 bulan sebanyak 107 orang dengan total 2.025 orang.

Sedangkan Remisi Umum II atau langsung bebas, remisi 1 bulan sebanyak 5 orang, 2 bulan sebanyak 4 orang,  3 bulan sebanyak 2 orang,  4 bulan tidak ada,  5 bulan sebanyak 4 orang dan 6 bulan sebanyak 5 orang dengan jumlah Remisi II yang langsung bebas sebanyak 20 orang.

"Total Remisi berdasarkan jenis kelamin yaitu laki-laki sebanyak 1956 orang, Perempuan 66 orang, Anak laki-laki 22 orang dan anak perempuan 1 orang," jelasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Wagub NTT Josef Nae Soi yang  membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly,  mengatakan tema HUT Kemerdekaan RI ke-77 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' tentunya memiliki makna tersendiri yang diartikan merubah kondisi Pandemi.

Di penjuru tanah air yang kita cintai ini di tengah keterpurukan semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong-royong untuk mewujudkan harapan kinerja dari pemerintah dan gerakan dari masyarakat bersinergi untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global hal ini mencerminkan rasa optimisme dari bangsa yang kuat dan dinamis.

 Hari kemerdekaan Indonesia ke-77 Tahun 2022 ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa dan menghadapi tantangan yang ada.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved