Berita Labuan Bajo

Ini Yang Dilakukan Menkominfo Soal Keberdayaan SDM Lokal untuk Kemajuan Pariwisata Labuan Bajo

Menkominfo Jhony G.Plate, saat memberikan sambutan pada Festival Golo Koe di Waterfront City Marina Labuan Bajo, Sabtu 13 Agustus 2022.

Penulis: Gecio Viana | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO-HUMAS KOMINFO MABAR
SAMBUTAN - Menkominfo Jhony G Plate saat memberikan sambutan pada Festival Golo Koe di Waterfront City Marina Labuan Bajo, Sabtu 13 Agustus 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana. 

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Menkominfo Jhony G.Plate menilai, kemajuan pariwisata Labuan Bajo NTT telah membawa dampak positif seperti meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Pariwisata juga mendorong perjumpaan dan dinamika sosial serta memperkaya kultur dan budaya.

Menurutnya, pariwisata menjadi peluang emas untuk membangun kesejateraan umum (bonum comune), mendorong persaudaraan dan persatuan global, keunikan bangsa, suku, bahasa dan keunikan kultur.

Hal ini dusampaijan Menkominfo Jhony G Plate, saat memberikan sambutan pada Festival Golo Koe di Waterfront City Marina Labuan Bajo, Sabtu 13 Agustus 2022.

Dikatakannya, dampak kemajuan pariwisata pada sisi yang lain ada tantangan. Seperti, terpinggirnya penduduk lokal, penguasaan modal oleh segelintir elit, degradasi nilai etis spiritual, komersialisasi tubuh dan kultur ,pengaruh gaya hidup materialistis,  pengaruh gaya hidup konsumtif hedonisme dan kerusakan lingkungan hidup .

Baca juga: Paroki Narang Demonstrasikan Cara menenun Tenun Ikat Lipa Todo di Festival Golo Koe 

Ia pun mendorong gagasan besar pastoral pariwisata holistik ini, perlu didukung oleh semua pihak sebagai modal rekontekstualisasi pastoral yang menyentuh lebih luas, dipelbagai hidup umat termasuk ambil bagian didalam akselerasi transformasi digital saat ini. 

Dalam kaitan itu, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi multi pihak pentahelix  yaitu diantara pemerintah,tokoh masyarakat dan gereja,tokoh agama, dunia usaha, akademisi serta pers.

Menurut Menkominfo Jhony G Plate, kolaborasi multi pihak merupakan langkah penting untuk memastikan gagasan dan konsistensi pembangunan dan pengembangan pariwisata holistik yang dibahas di keuskupan Ruteng.

Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo mengharapkan, Pemkab Mabar bersama rekan pemda tetangganya, seluruh pemangku kepentingan lokal, menyediakan SDM setempat untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan memberikan dukungan pengembangan pariwisata holistik yang dimaksud.

"Talenta,SDM perlu disiapkan. SDM lokal secara khusus harus disiapkan," katanya dalam keterangan yang diterima POS-KUPANG.COM, Minggu 14 Agustus 2022.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved