Wisata Labuan Bajo

5 Pilihan Wisata Labuan Bajo, Tak Termasuk Pulau Komodo dan Pulau Padar

Kemenparekraf merekomendasi tempat Wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat yang tak kalah menarik untuk dinikmati wisatawan.

Editor: Alfons Nedabang
KEMEN PU PR
PULAU RINCA - Dermaga Pulau Rinca di Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Fasilitas ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis 21 Juli 2022. 

POS-KUPANG.COM - Pemerintah Provinsi NTT menaikkan Tarif Masuk TNK ( Taman Nasional Komodo ) menjadi Rp 3,75 juta per orang untuk periode satu tahun.

Keputusan itu mulai berlaku sejak 1 Agustus 2022, namun tidak untuk semua kawasan Taman Nasional Komodo. Dikhususkan buat Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) merekomendasi tempat Wisata Labuan Bajo yang tak kalah menarik untuk dinikmati wisatawan.

1. Pulau Rinca

DI PULAU RINCA - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama para menteri berada di Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis 21 Juli 2022.
DI PULAU RINCA - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama para menteri berada di Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis 21 Juli 2022. (INSTAGRAM JOKOWI)

Tarif kunjungan ke Pulau Rinca tak ikut naik. Presiden Joko Widodo bahkan pernah menyarankan wisatawan berkunjung ke Pulau Rinca jika ingin bertemu komodo dengan harga tetap.

"Kalau mau liat komodo, di pulau Rinca. Di situ kata Presiden (Joko Widodo) komodonya sama, mukanya sama, dan juga bentuknya sama, enggak ada bedanya, habitatnya dan ekosistemnya juga sama (dengan Pulau Komodo)," ujar Menparekraf Sandiaga Uno, melansir Kompas.com.

Pulau Rinca merupakan salah satu wilayah yang menjadi habitat asli binatang purbakala Komodo. Perbedaan Pulau Rinca Flores dan Pulau Komodo sendiri terletak di kontur geografis masing-masing pulau.

Pulau Komodo didominasi hutan, sementara Rulau Rinca lebih banyak padang rumput luas alias savana. Tahun 1991, Pulau Rinca ditetapkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pulau Rinca memiliki luas sekitar 190 kilometer persegi. Meski menjadi habitat asli komodo, pulau ini juga dihuni oleh warga lokal yang terletak di dua perkampungan, yakni Kampung Rinca dan Kampung Karora.

Melalui Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR telah menyiapkan dana untuk menata kawasan Pulau Rinca. Termasuk di antaranya membangun pusat informasi, sentra suvenir, kafe, toilet publik, kantor pengelola kawasan, a, klinik, ruang terbuka publik, hingga penginapan untuk peneliti dan pemandu wisata (ranger).

Untuk mengunjungi Pulau Rinca, wisatawan membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Labuan Bajo. Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan perahu atau kapal.

2. Goa Batu Cermin

GOA BATU CERMIN - Objek wisata Goa Batu Cermin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NUsa Tenggara Timur.
GOA BATU CERMIN - Objek wisata Goa Batu Cermin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NUsa Tenggara Timur. (TRIBUNNEWS.COM)

Menparekraf juga merekomendasikan beberapa destinasi wisata Labuan Bajo lainnya untuk dikunjungi wisatawan sebagai alternatif, seperti Goa Batu Cermin.

"Goa Batu Cermin, Batu Bolong buat diving, ada waterfront juga. Lihat Labuan Bajo juga ada kampung wisata Wae Rebo tidak terlalu jauh dari sana," imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved